Khofifah Tak Pasti, Kiai Kampung Jatim Dukung Gus Ipul

FKJT menyatakan dukungan ke Saifullah Yusuf alias Gus Ipul di Surabaya, Jatim
Sumber :
  • VIVA.ci.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Sejumlah kiai yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kyai Kampung Jawa Timur (FK3JT) menyatakan dukungan kepada Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dalam Pilgub Jatim 2018. Komunitas ini awalnya mendukung Khofifah Indar Parawansa.

Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

Sejak awal, komunitas ini menyorot dua kader Nahdlatul Ulama yang menjadi calon kuat yakni Ketua Umum Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Karena Khofifah lama deklarasi, akhirnya FK3JT cenderung mendukung Gus Ipul. Padahal, sebelumnya, komunitas ini sampai mendatangi kantor Kementerian Dalam Negeri di Jakarta untuk meminta surat permohonan kepada Presiden Joko Widodo agar mengizinkan Khofifah keluar dari Kabinet Kerja sebagai menteri sosial dan maju di Pilgub Jatim.

Gus Ipul Sindir PKB Belum Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Apresiasi Pilihan Rakyat Itu Penting

Namun, hingga saat ini Khofifah juga belum menyatakan maju sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jatim. Khofifah disebut terlalu lama check sound. Sementara itu, Gus Ipul resmi berangkat melalui Partai Kebangkitan Bangsa.

"Ibu Khofifah Indar Parawansa tidak ada kepastian untuk mendaftar bacagub Jatim, dan belum turunnya izin dari Bapak Presiden, maka FK3JT menfokuskan dukungan kepada kader terbaik yang sudah resmi mendaftar sebagai bacagub Jatim, yaitu Saifullah Yusuf," kata Koordinator FK3JT, Fahrul Rozi, di Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 5 Juli 2017.

Gus Ipul Bicara soal Pergantian Cak Imin dari Ketua Umum PKB: Harus Regerenasi

Gus Fahrul, sapaannya, berharap Khofifah meneruskan tugasnya yang kini diemban, yakni sebagai menteri sosial. "Bagaimana pun, tugas (menteri sosial) tersebut juga sangat membanggakan bagi kami sebagai warga nahdliyin," tuturnya.

Dia mengklaim, seluruh anggota FK3JT sepakat mendukung Gus Ipul di Pilgub Jatim nanti. Jika ada yang secara emosional berpihak ke Khofifah karena ternyata maju di Pilgub Jatim nanti, jumlahnya tak seberapa, hanya tiga persen dari kiai kampung di Jatim.

"Selanjutnya, kami berharap ada calon wakil gubernur yang berpengalaman dan bagus untuk mendampingi Gus Ipul," ucapnya.

Sementara itu, Khofifah Indar Parawansa perlahan mengisyaratkan sinyal bakal maju sebagai bakal cagub Jatim. Dia menyatakan sudah berkomunikasi dengan sejumlah partai politik. Dukungan untuk Khofifah dari sejumlah elemen masyarakat di beberapa daerah juga mulai berdatangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya