Khofifah Tanggapi Manuver 'Kiai Kampung' Soal Pilgub Jatim

Khofifah Indar Parawansa di Mojokerto, Jawa Timur, pada Sabtu, 5 Agustus 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal.

VIVA.co.id - Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama, Khofifah Indar Parawansa, merespons manuver sekelompok orang yang mengatasnamakan Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur (FK3JT) yang menyatakan diri mendukung Saifullah Yusuf alias Gus Ipul di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

Simulasi 3 Nama Pilgub Jatim Versi ARCI: Khofifah Unggul, Dibayangi Cak Imin dan Risma

Beberapa bulan lalu, FK3JT menyorot Khofifah dan Gus Ipul sebagai kader NU yang dinilai pantas maju Pilgub Jatim. Mulanya, komunitas yang dikoordinir Pengasuh Pesantren Canga'an, Bangil, Pasuruan, Fahrul Rozi alias Gus Fahrul itu berkecenderungan mendukung Khofifah. Alasan kelamaan check sound, dukungan pun dialihkan ke Gus Ipul.

"Mengingat Ibu Khofifah tidak ada kepastian untuk mendaftar Bacagub Jatim, dan belum turunnya izin dari Bapak Presiden, maka FK3JT menfokuskan dukungan kepada kader terbaik yang sudah resmi mendaftar sebagai Bacagub Jatim, yaitu Saifullah Yusuf," kata Gus Fahrul di Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 5 Juli 2017.

Gerindra Hanya Rekom Khofifah sebagai Cagub Jatim, Emil Tak Pasti jadi Cawagub

Saat FK3JT memberi sinyal dukungan, Khofifah enggan menanggapi ketika ditanya soal itu dalam beberapa kesempatan. Dia juga mengunci bibir ketika ditanya aksi FK3JT saat menyampaikan surat permohonan kepada Presiden Joko Widodo agar Khofifah diizinkan keluar dari Kabinet Kerja agar mulus maju Pilgub Jatim.

Sikap hampir sama ditunjukkan Khofifah kala ditanya awak media soal dukungan FK3JT yang beralih ke Gus Ipul. Menteri Sosial itu tidak mau ambil pusing.

Khofifah: Kita Doakan Oktober Mendatang Presiden ke-8 Prabowo Dilantik

"(Soal dukungan) saya alami sekali, natural sekali. Kalau saya bilang check sound, frekuensi itu ya disamakan, nggak usah direkayasa-rekayasa. Gitu," katanya di Mojokerto, Jawa Timur, pada Sabtu, 5 Agustus 2017.

Soal jadi maju atau tidak sebagai bakal calon Gubernur Jatim, Khofifah belum secara tegas menjawab. Tetapi dia mengaku sudah menerima konfirmasi dari sejumlah partai politik yang siap mendukung dan mengusung. Mantan Ketua PMII Surabaya itu enggan menyebut parpol apa saja yang ia maksud.

"Enggak usah disebutlah," katanya.

Suasana politik di Jatim kian dinamis menjelang Pilgub Jatim 2018. Dua nama kandidat kuat saat ini mengemuka, yakni Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Baru Gus Ipul yang terang-terangan menyatakan maju dan dipastikan diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya