Pidato Kenegaraan di MPR/DPR, Jokowi Berbaju Khas Bugis

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • tvOne

VIVA.co.id - Majelis Permusyawaratan Rakyat menggelar Sidang Tahunan pada Rabu 16 Agustus 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Sidang bersama DPR, DPD dan MPR, ini dihadiri Presiden Joko Widodo dan para pejabat tinggi negara.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Namun ada yang menarik pada Sidang Tahunan kali ini. Presiden Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan dengan berpakaian adat Bugis. Putra asli Solo itu mengenakan kopiah, jas tutup dan sarung khas daerah Sulawesi Selatan. Ini merupakan kali pertama kepala negara menyampaikan pidato tahunan dengan berpakaian adat daerah.

Begitu pula dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Walau berasal dari Sulawesi Selatan, JK kali ini berpakaian khas Jawa, dengan blangkon sebagai penutup kepala. Penampilan Jokowi dan JK serta istri masing-masing dengan berpakaian daerah itu jelas mengundang perhatian para hadirin di gedung parlemen. 

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Sementara itu, Kehadiran para tamu penting itu membuat kompleks Parlemen dijaga ketat oleh aparat keamanan. Selain oleh Pamdal DPR, kompleks Parlemen juga dijaga polisi dan tentara.

Para peserta Sidang Tahunan itu juga telah berdatangan ke lokasi, tepatnya ke arah Gedung Nusantara III dan Gedung Kura-Kura, tempat utama Sidang Tahunan. 

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Rangkaian acara sidang diawali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan pidato Presiden Jokowi. Rangkaian sidang dimulai pukul 09.00.

Pada pukul 10.40 WIB, sidang bersama DPR-DPD dimulai. Dan pada pukul 14.00 WIB akan ada pidato Presiden Jokowi lagi untuk penyampaian Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2018.

Sidang itu adalah agenda tahunan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Tahun ini penyelenggaraan dipegang Dewan Perwakilan Daerah. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya