Semua Parpol Pendukung Jokowi Incar Posisi Cawapres

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Eka Permadi

VIVA.co.id – Politikus senior PDI Perjuangan, yang juga Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, menyebut kalau Joko Widodo akan kembali dicalonkan pada pemilu presiden 2019. Terkait siapa yang akan mendampingi Jokowi, Tjahjo menyebut banyak yang menginginkan posisi itu. Bahkan semua partai pendukung, menginginkan untuk mendapatkan posisi cawapresnya Jokowi.

Jusuf Kalla Nilai Pertemuan Jokowi-Prabowo Damaikan Politik Bangsa

Sebab, partai politik di pemerintahan saat ini juga, menurutnya, masih cair. Bisa mendukung Jokowi kembali atau justru sebaliknya tidak mendukung.

"Karena mohon maaf, semua partai pendukung itu kan bargaining-nya bagaimana bisa dapat wapres. Kan wapresnya hanya satu, tapi pendukungnya banyak, ada PDIP, Nasdem, Hanura, Golkar," ujar Tjahjo, di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 29 Agustus 2017.

#03PersatuanIndonesia Sinyal Baik Pertemuan Jokowi-Prabowo

Jika tidak demikian, kata Tjahjo, bisa saja nantinya adalah keterwakilan di kabinet. Sehingga semua partai pendukung yang tidak dipilih untuk menjadi cawapres, akan diberi porsi di kursi kabinet. "Atau bisa membangun koalisi baru, sah-sah saja. Wong tidak ada pendukung Pak Jokowi tidak ada akta notaris, tidak ada kok," lanjut Tjahjo.

Hingga kini, partai yang sudah mendeklarasikan secara resmi bakal mengusung kembali Jokowi pada Pilpres 2019 adalah Golkar, PPP, Hanura dan PKPI. Namun partai-partai lain terutama yang ada di pemerintahan, akan menyusul dan tinggal menunggu momentum waktunya. (ase)

Usai Putusan MK, Jokowi Beri Pidato di Kediaman Ma'ruf Amin
Sidang gugatan sejumlah calon legislatif Partai Gerindra.

Ajukan Saksi Tambahan, Putusan Gugatan Mulan Jameela Cs Ditunda

Mulan Jameela dan beberapa caleg menggugat Partai Gerindra.

img_title
VIVA.co.id
12 Agustus 2019