Bima Arya Tolak Pinangan Ridwan Kamil, PAN Jadi Labil

Bima Arya Sugiarto saat deklarasi jadi calon Wali Kota Bogor
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVA.co.id – Politikus PAN yang juga Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto menolak pinangan Ridwan Kamil untuk menjadi calon Wakil Gubernur Jawa Barat. Keputusan Bima ini mengarahkan sikap PAN yang kemungkinan besar akan beralih mendukung Deddy Mizwar di Pilgub Jabar.

Mahfud Md Kenang Momen Perintahkan Wali Kota Bogor Segera Resmikan GKI Yasmin

Namun, Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi memastikan sejauh ini partainya belum mendukung nama calon.

"PAN belum memutuskan mendukung pasangan calon. PAN masih menunggu hasil survei terakhir," kata Viva Yoga, di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 31 Agustus 2017.

Bima Arya Ungkap Strategi Gibran Atasi Masalah Pendidikan dan Lapangan Kerja

Terkait kemungkinan mengusung Deddy Mizwar itu, Viva Yoga enggan memberi jawaban pasti. Namun dia menegaskan deklarasi dukungan atas seorang calon akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Sebentar lagi akan diputuskan," ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR ini.

Debat Cawapres, Bima Arya Unggulkan Gibran: Debat Ini Gibran Banget

Viva Yoga mengakui secara eksplisit Ridwan Kamil sempat meminta Bima Arya, agar dapat mendampingi sebagai calon wakil gubernur. Hal itu sempat membuat PAN berkemungkinan akan mengusung politikus yang akrab disapa Emil itu.

"Prinsipnya bahwa jika ada calon yang bersedia menggandeng kader PAN dalam satu pasangan, maka besar kemungkinan PAN akan mendukungnya," kata Viva Yoga.

Baca juga: Bima Arya Tolak Ridwan Kamil, PAN akan Usung Deddy Mizwar

Sebelumnya, Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan partai menyerahkan pilihan kepada Bima Arya, antara maju ke Pilgub Jabar atau tetap menjabat sebagai Wali Kota Bogor. Partainya telah memberikan waktu berpikir selama dua hari untuk menentukan keputusan.

"Kalau hari ini beliau memutuskan tetap berkhidmat di Bogor, ya kita hormati dan itu sepertinya sudah menjadi keputusan final beliau. Dan kita kelihatan bisa ke Deddy Mizwar, Insya Allah ke Deddy," kata Yandri.

Ia menjelaskan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan berpesan kalau mereka mengusung Ridwan hanya ketika berpasangan dengan kadernya. Maka, bila tak dipasangkan dengan kader, PAN akan mendukung Deddy.

"Saya meyakini Insya Allah kalau Bima Arya berkonsentrasi di Bogor maka PAN bisa ke Deddy Mizwar," kata Yandri.

Pernyataan Yandri mengacu rekomendasi PAN di Bandung, belum lama ini. Terkait Pilgub Jabar, Bima Arya dinilai menjadi kunci sikap PAN. Jika Bima Arya menerima tawaran Emil agar bisa berduet di Pilgub Jabar, maka PAN akan mengusung Walikota Bandung tersebut sebagai Cagub Jabar. Namun, bila Bima menolak, maka PAN memilih opsi lain yaitu mengusung Deddy Mizwar.
    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya