Nasdem: Tiga Parpol Siap Loyal Dukung Ridwan Kamil

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.
Sumber :
  • Bandung.go.id

VIVA.co.id – Manuver menjelang Pilgub Jawa Barat terus memanas. Nasdem mengklaim sudah ada tiga parpol yang siap mengusung Ridwan Kamil sebagai bakal cagub di Pilgub Jabar, tahun depan. Ketua DPP Nasdem Johnny G. Plate mengatakan selain partainya, ada PKB dan PPP yang akan membentuk koalisi.

RK Ngaku Rasional Maju Lagi di Pilgub Jabar: Hak Saya Gubernur Periode Kedua

"Kalau Pilgub Jabar, sudah definitif usung Ridwan Kamil adalah Nasdem, PKB, dan PPP. Ini yang terus dikomunikasikan untuk bicara koalisi. Ya siap loyal usung Emil," kata Johnny kepada VIVA.co.id, Selasa, 5 September 2017.

Dia menekankan koalisi tiga parpol ini cukup untuk mengusung Ridwan Kamil karena melebihi syarat minimal 20 kursi. Rinciannya, Nasdem punya 5 kursi, PPP 9 kursi, dan PKB 7 kursi. Untuk posisi pendamping Emil, akan dibahas secara bersama oleh koalisi parpol.

Jika Bisa Dongkrak Suara Golkar, RK Diprediksi Diusung Jadi Calon DKI-1

"Kami kan saat ini tinggal menunggu SK keluar untuk koalisi ini. Karena pembicaraan tingkap DPP sudah sepakat mengusung Emil. Bagaimana wakilnya nanti, kita bahas bersama," lanjut Johnny.

Namun, meski demikian, pembicaraan koalisi masih bisa bertambah dengan menerima parpol lain. Ia menekankan parpol yang ingin mengusung Emil harus memiliki persamaan dalam membangun koalisi.

Peluang Maju ke Pilgub Jabar, Bima Arya: Saya Taat Arahan Partai

"Kita harus sama, satu pemahaman. Semua akan dibahas dalam koalisi," tuturnya.

Untuk diketahui, Pilgub Jabar menjadi salah satu rangkaian Pilkada serentak gelombang tiga yang digelar, Juni 2018. Persaingan merebut kursi Jabar-1 sejauh ini berjalan dinamis. Sudah ada beberapa poros koalisi yang menyatakan dukungan terhadap Deddy Mizwar. Kemudian, ada juga yang mengusung Dedi Mulyadi.

Mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi

Kata Dedi Mulyadi soal Maju Pilgub Jabar, Jadi Ketua RT pun Siap!

Politisi Partai Gerindra yang juga mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengaku siap menjadi Calon Gubernur Jawa Barat 2024. Bahkan, ia siap menjadi Ketua RT sekalipun.

img_title
VIVA.co.id
18 Juni 2023