Koalisi Golkar-PDIP di Pilkada Jabar Dipastikan Jalan Terus

Ketua DPD Golkar Jabar, Dedi Mulyadi, bersama Ketua DPD PDIP Jabar, TB Hasanuddin.
Sumber :
  • VIVA/Suparman

VIVA.co.id –  Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham menyatakan, komunikasi dengan PDI Perjuangan untuk berkoalisi di seluruh pemilihan kepala daerah di Jawa Barat masih terus berjalan. Menurutnya, tim DPD Provinsi Jawa Barat yang diutus untuk melakukan konsolidasi antar dua partai itu masih menunggu dinamika politik yang berkembang sebelum menentukan calon yang akan diusung.

Di Pilkada Jabar, Dukungan PPP ternyata Pecah di Dua Paslon

Pada Pilkada serentak 2018, Jawa Barat bakal menggelar 16 pemilihan setingkat Kabupeten/kota dan satu Provinsi.  "Ya kita akan minta laporan perkembangan dari 16 pilkada yang ada, di daerah mana yang sudah disepakati. Mereka (DPD) yang kita berikan tugas untuk itu," kata Idrus di kantor DPP Golkar Jalan Anggrek Neli Murni, Jakarta, Jumat 22 September 2017.

Berdasarkan laporan yang ia terima,  ada beberapa daerah pemilihan yang sudah bersepakat mengajukan calon. Ia menegaskan, keputusan pengurus daerah akan disetorkan terlebih dahulu kepada Setya Novanto selaku Ketua Umum. Hal itu setelah penjaringan oleh Tim Pilkada Pusat Golkar yang dikomandoi Nurdin Halid sebagai Ketua Harian DPP.

Periksa Kesehatan di RSHS, Dedi Mulyadi Ungkap Rahasia Bugar

"Misalkan tim DPD Provinsi mengajukan pasangan si A, kita minta penjelasan apa alasannya, bagaimana elektabilitasnya, bagaimana kemampuan yang bersangkutan, bagaimana yang bersangkutan terkait hukum atau tidak," kata dia.

Tidak hanya itu, Idrus juga menjelaskan, tahapan penetapan pasangan calon juga akan diukur kembali dalam survei internal.  Biasanya survei ulang bakal dilakukan, lantaran ada dua kader internal Golkar yang berpeluang maju.  "Karena belum cukup alasan untuk dijadikan dasar mengambil keputusan, maka ada survei ulang biasanya," kata dia.

Diarak ke KPU Jabar, TB Hasanuddin Berasa Nikah Lagi

Sebelumnya diberitakan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Golkar menyatakan untuk menjajaki kerja sama dalam koalisi pemilihan kepala daerah yang diselenggarakan di seluruh kabupaten/ kota Jawa Barat.   Hal itu ditandai dalam pertemuan dua pimpinan partai pengurus daerah tersebut, yakni Ketua DPD Golkar Jabar Dedi Mulyadi dan Ketua DPD PDIP Jawa Barat T.B Hasanuddin, 9 Agustus 2017.

Pertemuan juga menghasilkan dibentuknya 'Tim Lima' yang terdiri dari perwakilan kedua kader partai dan bakal bekerja memetakan politik di Tanah Pasundan tersebut.  "Kami akan bekerja sama barang kali dalam konteks pilkada hampir di semua daerah," kata TB Hasuddin saat konferensi pers di Sekretariat Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung.

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menghadiri acara Rapkor PDIP

Jelang Pilpres 2019, Hubungan Golkar-PDIP Kian Mesra

Ketua Umum Golkar menghadiri Rakor PDIP.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2018