PDIP Kerucutkan Nama Kader untuk Pilgub Jabar dan Jatim

Ilustrasi persiapan Rakernas PDIP
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id – PDI Perjuangan sudah mengerucutkan nama kader yang disiapkan diusung di Pilgub Jawa Barat dan Jawa Timur. Pilgub Jawa Barat dan Jawa Timur menjadi dua agenda rangkaian Pilkada Serentak 2018.

Analisis Komunikasi Politik dalam Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya masih menunggu momentum yang tepat untuk mengumumkan nama kadernya. Nama-nama yang dikerucutkan sudah dipertimbangkan dari beberapa aspek.

"Kami sudah mengerucutkan nama-nama. Sudah betul-betul kami kaji sesuai aspek historis, sosiologis, kulturual, dan juga peta politik di daerah. Dan juga kami melihat kepentingan nasional untuk calon gubernur dan calon wakil gubernur. PDIP hanya menunggu waktu untuk mengumumkan," kata Hasto di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Sabtu 30 September 2017.

Kata Dedi Mulyadi soal Maju Pilgub Jabar, Jadi Ketua RT pun Siap!

Hasto membenarkan bahwa ajang Pilkada Serentak 2018 merupakan momentum memenangi Pemilu Serentak 2019. Diakuinya ada tiga daerah yang diandalkan PDIP dalam Pilkada serentak 2018 yaitu yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

"PDIP di Jawa Barat kan bisa kami usung sendiri. Kami punya 20 kursi sehingga kami bisa mencalonkan sendiri karena rakyat memberikan kepercayaan kepada kami. Untuk di Jawa Timur, kami juga sudah mendapatkan 19 kursi, kurang 1 kursi," lanjut Hasto.

RK Ngaku Rasional Maju Lagi di Pilgub Jabar: Hak Saya Gubernur Periode Kedua

Kemudian, Hasto merinci nama-nama yang sudah dipastikan akan bersaing di Pilgub Jawa Timur. Ada beberapa nama kader internal seperti Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi, dan Bupati Ngawi Budi Kanang Sulistyono.

Dari nama luar partai ada Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Adapun untuk Pilgub Jawa Barat dipertimbangkan beberapa nama seperti Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Tubagus Hasanuddin, dan dua anggota DPR yaitu Rieke Diah Pitaloka dan Puti Guntur Soekarno Putri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya