Fadli Zon: Bahas Perppu Ormas, HTI Perlu Diundang

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalisotussurur

VIVA.co.id - Wakil Ketua DPR Fraksi Gerindra, Fadli Zon, menilai Komisi II DPR perlu mengundang HTI dalam pembahasan Perppu Ormas. Sebab, HTI terkena langsung dampak dari Perppu tersebut.

PKS Dorong Revisi UU Ormas

"Perlu ya, karena mereka yang terkena dampak. HTI langsung kena dampak Perppu tersebut. Maka sangat baik kalau itu diundang, didengarkan dan juga suara yang datang langsung dari mereka," kata Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, 5 Oktober 2017.

Ia menegaskan Komisi II jangan hanya menerima masukan atau pandangan sepihak atau subjektif. Apalagi Perppu ini meniadakan proses pengadilan.

Tak Masuk Prolegnas, Kegentingan UU Ormas Dipertanyakan

"Padahal ormas seperti HTI, mereka cantumkan Pancasila dan UUD 45. Jadi, saya kira mereka perlu didengar juga pandangannya sebagai korban perppu ini," kata Fadli.

Sebelumnya, Ketua Komisi II DPR, Zainuddin Amali, mengatakan komisinya akan mempertimbangkan mengundang mantan anggota HTI terkait dengan pembahasan Perppu Ormas. Saat ini, komisinya masih menginventarisasi ormas mana saja yang akan diundang.

Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan atas Perppu Ormas

"Tadi ada usulan, tetapi dia bukan HTI tetapi sebagai eks ya. Sebagai eks. Sedang kami pertimbangkan," kata Amali. (ase)

Aksi tolak pembubaran HTI

Saksi Ahli HTI Tak Tahu Organisasinya Dilarang Banyak Negara

"Saya tidak tahu," kata saksi ahli yang didatangkan HTI itu di sidang.

img_title
VIVA.co.id
8 Februari 2018