Fadli Zon: Presiden Juga Harus Imbau Polri Jangan Berpolitik

Fadli Zon.
Sumber :
  • Viva.co.id/Lilis Kholisotussur

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR dari Fraksi Gerindra, Fadli Zon, mengingatkan Presiden Joko Widodo tidak hanya mengimbau Panglima TNI agar jangan berpolitik. Instruksi serupa juga seharusnya disampaikan Presiden Kepolisian dan Kejaksaan Agung.

Keliling Pasar di Jatim, Satgas Pangan Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

"Harusnya Presiden kalau mengimbau pada Polri hal yang sama. Pada aparat Kejaksaan Agung hal yang sama. Jadi, jangan hanya pada TNI saja. Imbau juga pada Polri dan Kejaksaan jangan berpolitik, apalagi untuk kepentingan parpolnya," kata Fadli dalam diskusi di Warung Daun, Jakarta, Sabtu 7 Oktober 2017.

Menurutnya, Kepolisian dan Kejaksaan justru lebih banyak memiliki keterlibatan dalam politik. Antara lain, soal proses hukum terhadap kasus ujaran kebencian. Fadli menuding Polri lebih cepat menindak pihak-pihak yang mengkritisi pemerintah, dengan dalih pidana.

Diduga Produksi Oli Palsu, Komunitas Aktivis Muda Indonesia Desak Mabes Polri untuk Segera Tangkap

"Polisi lebih banyak follow up terhadap yang mengkritisi pemerintah, yang sebaliknya tak dilakukan. Yang berpolitik bukan TNI," kata Fadli.

Sebelumnya, di acara HUT TNI ke-72 di Cilegon Kamis lalu, Presiden Joko Widodo mengingatkan kembali pesan Jenderal Besar Soedirman bahwa TNI harus patuh kepada pemerintah yang sah di Indonesia dengan satu komando sesuai pimpinan.

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

"Pesan Jenderal Soedirman yang masih relevan saat ini, politik tentara adalah politik negara, loyalitasnya adalah loyalitas kepada bangsa dan negara. Kesetiaan memperjuangkan kepentingan rakyat. Kesetiaan kepada pemerintah yang sah," kata Presiden Jokowi.

Kepala Negara yang juga panglima tertinggi menegaskan, TNI tidak boleh berurusan dalam hal politik praktis. "TNI adalah milik nasional yang berada di atas semua golongan, yang tidak terkotak-kotak kepentingan politik sempit dan tidak masuk kancah politik praktis," tegas Presiden.

Satgas Pangan Mabes Polri

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri Waspadai Kelonjakan Harga Bahan Pokok di Babel

Tim Satgas Pangan Polri melakukan pengawasan terkait stabilisasi harga ketersediaan pangan selama Puasa Ramadan dan jelang Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/202

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024