Pilkada 2018, Begini Pesan Gatot kepada TNI dan Polri

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.
Sumber :
  • Viva.co,id/Syaefullah

VIVA.co.id – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyatakan bahwa TNI harus dapat meraih kepercayaan rakyat dalam setiap perhelatan demokrasi seperti Pilkada 2018 mendatang. Sebab, TNI dan juga Polri akan menjadi penengah dan penyelesai apabila terjadi konflik.

Jelang Pensiun, Yudo Margono Pamit di Depan Para Mantan Panglima TNI dan Prajurit Tiga Matra

"Dalam kondisi seperti ini, maka TNI dan Polri harus netral dan jangan sekali-kali menyakiti hati rakyat," kata Gatot, seperti dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 10 Oktober 2017

Gatot menuturkan apabila TNI berpihak pada salah satu kontestan, begitu terjadi konflik maka rakyat tidak mempercayai mereka lagi sebagai penengah. "Tetapi apabila kamu (TNI) benar-benar netral, maka begitu ada konflik mereka percaya bahwa kamu bisa menjadi penengah," ujar Gatot.

PKS Buka Pintu Lebar Jika Gatot Nurmantyo Gabung Tim Pemenangan Anies-Cak Imin

Gatot menegaskan bahwa TNI akan melakukan apapun untuk kepentingan rakyat dan wilayah (darat, laut, udara) serta pemerintahan. Ketiga komponen tersebut adalah syarat adanya suatu Negara.

Di samping itu, lanjut dia, TNI juga harus tunduk dan patuh kepada Pemerintah yang dipimpin oleh Presiden RI terpilih secara sah dan berdasarkan hukum atau konstitusi.

Gatot: Naluri Politik Surya Paloh Tajam, Orientasinya yang Penting Anies Maju dan Aman
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo

Soroti Pengeroyokan Relawan Ganjar di Boyolali, Gatot Nurmantyo: Saya Tak Yakin Dipukul Batu

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menyoroti kasus pengeroyokan yang dilakukan oknum TNI terhadap relawan Ganjar-Mahfud di Boyolali.

img_title
VIVA.co.id
7 Januari 2024