Wakil Ridwan Kamil di Pilgub Jabar Diumumkan Desember

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA – Bakal calon wakil gubernur untuk mendampingi bakal calon gubernur Ridwan Kamil untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 akan diputuskan Desember mendatang. Demikian ungkap politisi Nasdem.

Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum Diprediksi Langgeng

Menurut Ketua DPW NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa, untuk penentuan figur yang layak, ditetapkan berdasarkan kesepakatan politik awal yaitu tidak memaksakan kadernya jadi wakil. Saan memastikan, dua partai yang mengajukan figur pendamping yaitu Golkar yakni Daniel Mutaqien, sedangkan PPP yaitu Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum.

Semua akan dituntaskan tidak berdasarkan daya tawar kursi suara di DPRD Jawa Barat. Seperti diketahui, Golkar di DPRD Jawa Barat mempunyai 17 kursi, sedangkan PPP memiliki sembilan kursi. "Wakil belum fixed, (semua) baru usulan-usulan. Kita kedepankan kesetaraan, belum ada yang mutlak satu pun. Jadi tidak ada istilahnya yang banyak (kursi) otomatis jadi wakil," ujar Saan di Bandung Jawa Barat, Sabtu 28 Oktober 2017.

Pasangan Asyik Belum Mau Akui Keunggulan Rindu

Saan menambahkan, alasan figur bakal calon wakil gubernur ditetapkan Desember, merupakan waktu yang tepat dan tidak tergesa-gesa. Bahkan dengan empat dukungan partai, merupakan capaian di luar target. 

Ridwan saat ini didukung NasDem dengan lima kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tujuh kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sembilan kursi dan Golkar dengan 17 kursi.

Ridwan Kamil Akui Tak Ada Kemenangan Sebelum 9 Juli

"Masih lamalah, awal Desember. Santai, kita kan enggak terlalu urgent. Ini kan secara tiket sudah lebih maju dibandingkan kandidat lain. 38 kursi itu jauh dari yang ditargetkan," terangnya.

Saan berharap, dengan situasi tersebut, pihaknya menginginkan pertarungan yang dinamis. Bahkan, Saan berharap perebutan kursi Jawa Barat satu jangan diperebutkan dua pasangan. "Ya kita sih berharap tiga calon, tiga pasang," katanya. (ren)

Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil (kiri) dan Uu Ruzhanul Ulum (kedua kiri)

Tugas Khusus Ridwan Kamil untuk Uu Ruzhanul

Ridwan Kamil mengaku sudah buat daftar tugas Uu.di Jawa Barat.

img_title
VIVA.co.id
25 Juli 2018