Amien Rais Minta PAN Out dari Koalisi Jokowi, PDIP Merespons

Amien Rais.
Sumber :
  • Twitter PKS

VIVA – Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyarankan agar partainya keluar dari koalisi pemerintah karena akan menjadi beban sejarah. Politikus PDI Perjuangan, Eva Kusuma Sundari, menilai alasan keluar itu manipulatif.

Heboh Isu Reshuffle Menteri Kabinet Jokowi, Mardiono: Yang Tahu Hanya Presiden

"Kontraknya, setuju masuk ke sistem kabinet itu ya artinya mendukung pemerintah. Termasuk bertindak tidak oposan di parlemen, itu SOP. Jadi jangan lempar bom lalu memaki korban (pemerintah)," kata Eva ketika dihubungi, Jumat 3 November 2017.

Eva mengibaratkan koalisi artinya setuju bekerja gotong royong dalam membangun rumah. Ia meminta PAN untuk menghormati koalisi parpol pemerintah. "Jangan malah bikin atap bocor," ujar dia.

AHY Petik Buah Apel, Sinyal Kuat Bakal jadi Menteri Baru Jokowi?

Menurut dia, Amien memang yang menyeret PAN menjadi oposan di parlemen. Sikap Amien tersebut dinilai menjadi ukuran bagi sikap-sikap Fraksi PAN di DPR.

"Bagaimanapun, beliau kan pendiri PAN. Jadi, sikapnya jadi barometer. Seandainya Pak Amien tenang, jadi guru bangsa seperti zaman Ketua MPR, maka politik jadi sejuk sih," kata Eva.

AHY Kumpulin Semua Ketua DPD Demokrat Hari Ini, Bahas Reshuffle ?

Sebelumnya, Amien menilai partainya memang sebaiknya keluar dari koalisi pemerintah. Menurut mantan Ketua Umum PAN ini, keberadaan partainya di koalisi hanya akan menjadi beban sejarah. Yakni menurutnya jadi ikut membawa dosa pemerintahan saat ini.

"Sebaiknya PAN keluar," kata Amien di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 2 November 2017. (ren)

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi Nyoblos Pemilu 2024 di TPS 10

Deretan Fakta Unik Rabu Pon, Tanggal Kramat Presiden Jokowi

Hari Rabu, 21 Februari 2024 ini bertepatan dengan Rabu Pon. Banyak yang beranggapan hari Rabu, khususnya Pon, juga dipercaya menjadi hari keramat bagi Presiden RI Jokowi.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024