Airlangga Hartarto Siap Jadi Ketua Umum Golkar

Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA - Politikus Partai Golkar yang juga Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, siap menduduki kursi Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Setya Novanto yang resmi ditahan KPK. Airlangga menyatakan kesiapannya setelah menghadap Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin, 20 November 2017.

Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif

Apakah nanti akan digelar Munas Luar Biasa atau apapun namanya, Airlangga mengatakan bahwa semua tergantung daerah, sebagai pemilik suara sah partai. Dia juga menunggu persetujuan dari Jokowi.

"Saya kan pembantu presiden dan kader partai. Pertama saya bergantung kepada aspirasi yang berkembang di daerah, dan kedua kepada Bapak (Presiden Jokowi)," kata Airlangga, di Istana Negara.

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Ditahannya Setya Novanto yang kini masih menjabat ketua umum, menurut Airlangga, memang harus ada upaya penyelamatan terhadap eksistensi Golkar. Alasannya, perhelatan politik baik Pilkada dan Pileg serta Pilpres, akan mulai berlangsung pada 2018.

"Tentunya harus ada langkah-langkah untuk penyelamatan partai," kata Airlangga.

Indonesia, Singapore Discuss Labor Cooperation

Seperti apa langkah-langkah itu, Airlangga mengatakan masih menunggu rapat yang dilakukan oleh partai berlambang pohon beringin tersebut.

"Pada dasarnya, kalau Golkar kami kembalikan pada mekanisme yang ada dan pada aspirasi dari daerah-daerah," katanya. (one)

Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus bersama Koalisi Indonesia Maju

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

Sekretaris Jenderal Partai Golkar menyebut para ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tingkat I meminta Airlangga Hartarto dipilih secara aklamasi di Munas pada Desember.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024