Desmond: Novanto Bisa Bikin Citra DPR Busuk

Ketua DPP Partai Gerindra Desmond J. Mahesa.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA - Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi Gerindra, Desmond Mahesa, meminta kesadaran Ketua DPR Setya Novanto yang sudah menjadi tersangka kasus korupsi untuk mundur dari jabatannya. Sebab, ia meyakini kasus ini akan membuat 'busuk' citra DPR.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

"Dengan kesadaran sebagai ketua DPR. Tapi ini kan saran yang bisa salah. Katakanlah hak politik Pak Nov untuk bertahan, untuk membuktikan bahwa beliau tak terlibat dalam proses hukum ini. Tapi kalau lama-lama persoalan ini akhirnya DPR kan terdegradasi. Dalam artian busuk kan citranya," kata Desmond di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 20 November 2017.

Ia pun menuntut kesadaran Novanto misalnya apakah ia mencintai kelembagaan atau kepentingan pribadi. Meskipun ada hak yang dilekatkan pada Novanto.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Seharusnya Pak Nov meninggalkan haknya, kesadaran dia agar beban DPR tak rusak, tak memperburuk citra seolah DPR itu bukan negarawan. Ini kan catatan yang baik," kata Desmond.

Ia menambahkan, sebenarnya secara kinerja sama sekali tak mengganggu kerja DPR. Sebab tugas pimpinan DPR hanya lalu lintas persidangan saja. Sidang paripurna tanpa ketua DPR pun tak ada masalah. "UU MD3 adalah kolektif kolegial. Jadi tak ada ketua DPR, itu formalitas." (mus)

Sebut Jokowi Intervensi Kasus e-KTP, Agus Rahardjo Diadukan ke Bareskrim
Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024