Istana akan Bahas Pengganti Khofifah

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan bahwa akan ada pembahasan internal di lingkungan Istana terkait kemungkinan pengganti Khofifah Indar Parawansa sebagai Menteri Sosial. Hal itu demi kepentingan Khofifah sendiri.

Seperti diketahui, Khofifah yang telah menjadi menteri sejak era pemerintahan Jokowi-JK dimulai, telah mengirimkan surat yang berisi permohonan konsultasi kepada Jokowi pada Senin, 27 November 2017, terkait rencana keikutsertaannya di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2018.

Gerindra Hanya Rekom Khofifah sebagai Cagub Jatim, Emil Tak Pasti jadi Cawagub

JK menyampaikan, pembahasan kemungkinan pengganti Mensos akan dibahas karena mau tak mau, Khofifah harus melepas jabatan itu supaya bisa fokus berlaga di Pilkada.

"Ini demi Ibu Khofifah sendiri juga, supaya intensif waktunya (dalam berlaga di Pilkada). Kan sisa delapan bulan ya (sebelum pemungutan suara), atau tujuh bulan. Untuk menghadapi Pilkada, kalau tidak intensif selama tujuh bulan itu, bisa sulit," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 28 November 2017.

Khofifah: Kita Doakan Oktober Mendatang Presiden ke-8 Prabowo Dilantik

JK enggan menyampaikan kemungkinan sosok yang akan menjadi pengganti Khofifah. Pasalnya, selain pembahasan belum dimulai, pihak yang bisa memberi persetujuan pengunduran diri Khofifah dari kabinet adalah Jokowi. JK hanya memastikan bahwa calon pengganti Khofifah adalah sosok yang dinilai bisa melakukan kerja keras yang sama seperti yang dilakukan Khofifah.

"Saya kira bukan soal dari mananya (pengganti Khofifah), tapi sanggup apa tidak dia melanjutkan usaha Ibu Khofifah. Ibu Khofifah kan termasuk menteri yang cukup baik," ujar JK. (one)

Khofifah: Anggota KPPS Pejuang Demokrasi, Berkat Mereka Pemilu Sukses
Pemabaran hasil survei ARCI soal Pilgub Jatim 2024 di Surabaya.

Simulasi 3 Nama Pilgub Jatim Versi ARCI: Khofifah Unggul, Dibayangi Cak Imin dan Risma

Berdasarkan popularitas figur, Khofifah juga unggul.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024