Jokowi Kirim Surat Pergantian Jenderal Gatot

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon menerima kedatangan Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada, Senin, 4 Desember 2017. Kedatangan Mensesneg adalah terkait pergantian Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Gatot Nurmantyo.

Terpopuler: TNI Kembali Pakai Istilah OPM, Kecelakaan Bus di Tol hingga Pemuda Rusak Jembatan

"Tadi, pagi saya menerima Mensesneg Prof Pratikno. Yang menyampaikan surat dari Presiden tentang rencana pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Jenderal Gatot diketahui diganti oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto. Karena seperti diketahui, Jenderal Gatot akan segera memasuki masa pensiunnya.

Sukses Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza, 27 Prajurit Pemberani Dapat Penghargaan dari Panglima TNI

"Jadi surat tadi saya terima dan juga diserahkan langsung kepada Plt Sekjen DPR Ibu Damayanti untuk kita proses," ujar Fadli.

Fadli berharap proses ini bisa selesai pada masa sidang ini. Uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI akan segera dilaksanakan di Komisi I DPR yang membidangi salah satunya urusan pertahanan.

Pesawat Super Hercules TNI AU yang Sukses Turunkan Bantuan Kemanusiaan Gaza Akan Tiba di Tanah Air

"Kita harapkan mudah-mudahan bisa begitu. Nanti tentu akan kami koordinasikan dengan pimpinan Komisi I dan juga fraksi-fraksi yang ada dalam Bamus untuk mengagendakan," kata dia.
    
Sebelumnya, Pratikno pagi tadi mendatangi gedung Nusantara III, Gedung DPR di Senayan, Jakarta, tempat pimpinan DPR berkantor.

Saat keluar dari arah kantor pimpinan, Pratikno enggan memberi banyak komentar. Dia enggan menjawab apa keperluannya datang ke pimpinan DPR pada pagi ini. "Ya nanti aja," kata Pratikno singkat.

Pratikno juga tidak ingin mengungkapkan apakah kedatangannya untuk menyampaikan surat. Dia juga tidak menjawab apakah kedatangannya terkait status Ketua DPR Setya Novanto atau terkait hal lain.

"Nanti Pak Fadli Zon (Wakil Ketua DPR) saja," ujar Pratikno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya