Puti Soekarno Dianggap Mampu Rebut Suara Ibu-ibu

Gus Ipul dan Puti Guntur.
Sumber :
  • Nur Faishal/Surabaya/VIVA.co.id

VIVA - Ketua Desk Pilkada PKB, Daniel Johan, menjelaskan alasan Puti Guntur Soekarno dipilih menjadi cawagub Gus Ipul dalam Pilkada Jawa Timur. Menurutnya, Puti mampu memperkuat elektabilitas suara kaum abangan dan menggerakkan suara di Mataraman.

Ketika Puti Guntur Soekarno Menggenggam Tangan Khofifah

"Yang paling penting dia bisa melengkapi, memperkuat elektabilitas. Yang pertama dia bisa menggerakkan secara meyakinkan kaum abangan, struktur PDIP, terutama di Mataraman. Sehingga kekuatan NU dan PDIP benar-benar klek menyatu jadi bola besar," kata Daniel di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, 11 Januari 2018.

Ia menambahkan baik Gus Ipul dan PKB juga memiliki keyakinan Jawa Timur membutuhkan sosok perempuan yang bisa mengimbangi. Saat ditanya apakah sosok Puti ditunjuk karena lawannya juga perempuan, ia mengatakan hal itu hanya menjadi salah satu pertimbangan.

Demokrat: Pengusungan Puti Guntur Bukan Dinasti Politik

"Ya mungkin itu salah satu jadi pertimbangan, tapi pertimbangan yang utama sama seperti Jawa Tengah, PKB meyakini Jawa Tengah dan Jawa Timur membutuhkan sosok perempuan karena jumlah kaum ibu dan anak muda sangat  banyak. Kalau guyonnya kita membutuhkan pasangan yang normal," kata Daniel.

Ia juga meyakini majunya calon dari trah Bung Karno akan mampu menggerakkan masyarakat di Mataraman yang dianggap nasionalis. "Dan akan menambah semangat struktur untuk bergerak," kata Daniel.

Calon Petahana Riau Ditantang Eks Menteri sampai Danrem

Basis pemilih di Jawa Timur dikelompokkan menjadi tiga, yakni Tapal Kuda yang meliputi daerah Probolinggo hingga Madura, Mataraman meliputi Tulungagung hingga Banyuwangi, dan Arek meliputi Surabaya hingga Malang. Ketiga kawasan itu memiliki aliran politiknya masing-masing. (ase)

Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera Hidayat Nur Wahid.

Dukung Gus Ipul, PKS Tak Mau Dianggap Koalisi dengan PDIP

Gus Ipul sudah jauh-jauh hari meminang PKS.

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2018