JK Tak Masalah Bila Bamsoet Jadi Ketua DPR

Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla tak masalah bila politikus Golkar, Bambang Soesatyo, diajukan menjadi Ketua DPR menggantikan Setya Novanto.

Ditanya soal Status Keanggotaan Partai Politiknya, Gibran Bilang Begini

Menurut JK, Bamsoet yang sering mengkritisi KPK tak bisa menjadi dasar penilaian, bahwa dia sosok yang anti pemberantasan korupsi.

JK mengatakan, status Bamsoet yang aktif dalam Panitia Khusus hak angket KPK belum bisa dikaitkan langsung dengan melemahkan KPK bila menjadi Ketua DPR.

Soal Wacana PPP Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Airlangga Sebut Bakal Bahas di Internal KIM

"Tidak ada hubungannya antara melemahkan KPK dengan menjadi Ketua DPR. Hak angket kan hanya memberikan saran soal apa yang perlu diperbaiki," ujar JK usai acara pelantikan pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat, 12 November 2018.

JK menyampaikan, dirinya selalu memantau dinamika pergantian Ketua DPR. Selain itu, kans sejumlah kader Golkar lain seperti Aziz Syamsuddin dan Agus Gumiwang Kartasasmita juga menjadi pehatiannya. "DPP Golkar nanti menentukan, saya hanya melihat," ujar JK menambahkan.

Punya Harta Rp23 M, Intip Koleksi Kendaraan Ridwan Kamil yang Ditugaskan Maju Pilgub Jakarta

Sebelumnya, nama Bamsoet kembali mencuat setelah Wakil Ketua Dewan Pakar Golkar Mahyudin mengatakan Ketua Komisi III DPR tersebut punya peluang terbesar menggantikan Setya Novanto. Hal ini mengacu dalam rapat pleno Fraksi Golkar, Kamis kemarin, 11 Januari 2018.

"Nama yang ada dari Partai Golkar, memang Pak Bambang Soesatyo yang mungkin akan menduduki ketua DPR RI," ujar Mahyudin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Januari 2018. (mus)

Walikota Medan, Bobby Nasution.(B.S.Putra/VIVA)

Bobby Nasution Bilang Ada Partai Berikan Tugas ke Dia Maju di Pilgub Sumatera Utara

Bobby Nasution mengatakan selain secara lisan seperti Golkar juga memberikan surat penugasan untuk maju di Pilgub Sumatera Utara. Tapi, dia enggan menyebut partai lainnya

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024