Sumatera Selatan Mau Adopsi Program OK OCE Anies-Sandi

Aswari Rivai - Muhammad Irwansyah didampingi Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA/Edwin Firdaus

VIVA – Pasangan Calon Gubernur Sumatera Selatan dan Calon Wakil Gubernur Sumsel untuk Pilkada 2018, Aswari Rivai-Muhammad Irwansyah, akan mengadopsi program OK OCE yang digagas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Wagub DKI, Sandiaga Uno, untuk diterapkan di Sumsel. Ini bila mereka menang di Pilkada Sumsel.

Sejumlah Tenda TPS di Sumsel Ambruk Diterjang Angin

Namanya, OK OCE Kito. Menurut Aswari, program milik Pemprov DKI tersebut dinilai sesuai dengan kebutuhan masyarakat Sumsel saat ini.

"Dari program OK OCE ini kami akan bawa, tetapi tidak ?secara utuh, artinya kami sesuaikan dengan kebutuhan daerah kami. Secara Geografi Sumsel tentu beda dengan DKI, tapi kami juga tak perlu ragu, kenapa, karena Sumsel pun sudah menjadi kota yang mengarah ke Metropolitan seperti DKI," kata Aswari ditanyai awak media usai makan bersama Sandiaga di Rumah Makan Pempek Pak Raden di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan, Minggu 21 Januari 2018.    

Pilkada Sumsel, Bawaslu Catat 20 ASN Diduga Langgar Netralitas

Aswari menjelaskan, pola-pola OK OCE milik DKI sangat penting untuk Sumsel. Hanya saja, dikemas dengan cara yang berbeda, ia percaya, program itu akan memberikan pencerahan masalah penyerapan tenaga kerja di Sumsel.

"Kami akan serap, pola-pola apa saja yang tepat untuk Sumsel dari OK OCE, yang penting, apapun yang kami lakukan, bermanfaat untuk masyarakat Sumsel," kata Bupati Lahat dua periode tersebut.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

Untuk targetnya, lanjut Aswari, pihaknya akan membidik para pengusaha UMKM. Sementara sumber daya manusia, tegas dia, akan terus dikembangkan melalui program OK OCE Kito.

"Mungkin dengan OK OCE kita adopsi, OK OCE Kito kami bawa ke daerah nanti, banyak hal, banyak visi lagi untuk tenaga kerja dan sebagainya. Kami mungkin ke UMKM. Jadi seperti Sumsel itu bukan hanya memilih penghasilan, tapi juga penghasil seperti kopi dan sebagainya. Ya, kami galakkan UMKM. Tapi SDM-nya kami didik lewat program OK OCE dan sebagainya," kata Kak Wari, sapaan akrab Aswari.

Sandiaga sendiri mendukung penuh langkah Aswari dan Wali Kota Pangkalpinang, Irwansyah. Sandiaga meyakini kedua pejabat berprestasi ini bisa menjalankan program OK OCE dengan baik nantinya di Sumsel. Sandiaga pun mengaku bila program itu berjalan Sumsel, diharapkan adanya sinergi yang bagus dengan Jakarta.

"Saya sangat mendukung sekali karena lapangan kerja, kemiskinan dan ketimpangan itu juga terjadi di Jakarta dan kami coba selesaikan melalui intervensi, melalui OK OCE. Dengan OK OCE Kito kami harapkan ada sinergi ke depan antara Sumsel dan DKI," kata Sandiaga. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya