BPJS: Isu Masyarakat Bisa Dapat Rp21 Juta Hoax

Kantor Pusat BPJS Kesehatan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) menyatakan informasi di website atau blog yang menyebutkan bahwa ada bantuan dana dari BPJS Kesehatan Rp21 juta adalah tidak benar.

Berbagi Kebaikan Ramadhan, JEC Hadirkan Layanan BPJS Kesehatan dan Operasi Katarak-Juling Gratis

"Itu hoax. Kami sudah minta ke Kominfo untuk blokir situs itu," ujar Kepala Humas BPJS Kesehatan Iqbal Anas Ma'ruf saat dihubungi VIVA, Selasa, 28 Agustus 2018.

Iqbal mengatakan, BPJS telah membuat pernyataan di situs maupun media sosial resmi BPJS yang menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar. "Itu penipuan, mungkin untuk menaikkan situsnya," ujar Iqbal.

Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Ajak Pemudik Mampir ke Posko Mudik BPJS Kesehatan

Saat ini, langkah yang ditempuh BPJS yaitu telah melaporkan ke Kominfo agar tidak ada yang terdampak. Sejauh ini, menurut Iqbal, belum ada laporan dari masyarakat yang menjadi korban hoax itu. 

Sementara itu, dalam keterangan tertulisnya di Twitter @BPJSKesehatanRI, BPJS mengimbau masyarakat tidak menyebarluaskan hoax atau berita bohong itu, serta segera melapor kepada pihak berwenang apabila menemukan kejadian serupa agar kasus ini segera ditangani sehingga tidak memakan banyak korban.

Transformasi Digital Dinilai Memuaskan, BPJS Kesehatan Dianugerahi Penghargaan Istimewa

BPJS juga mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap penipuan yang dilakukan pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Sebelumnya, sebuah pesan bereda di grup-grup WA yaitu:

Mereka yang bekerja antara tahun 1990 dan 2018 memiliki hak untuk menarik Rp21 juta dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Cari tahu apakah nama Anda ada dalam daftar orang-orang yang memiliki hak untuk menarik dana ini: https://mobr.info/bpjs

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya