CEK FAKTA: Klaim Ma'ruf Sudah Ada 1000 Startup di Indonesia

Cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin
Sumber :
  • Istimewa/Nur Faishal

VIVA – Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin, yakin bahwa proyek digital Palapa Ring, yang dia sebut sebagai “Infrastruktur Langit”, telah mengembangkan banyak usaha rintisan atau startup di Indonesia. Bahkan dia menyebut dalam lima tahun Indonesia telah mengembangkan seribu startup, melampaui negara lain yang perlu waktu sampai sepuluh tahun.  

Detik-detik Roket Space One Meledak di Udara Setelah 5 Detik Diluncurkan

Demikian menurut Ma'ruf Amin dalam Debat Pilpres putaran ketiga di Hotel Sultan Jakarta, Minggu Malam, 17 Maret 2019. Dalam debat ini Ma'ruf adu debat dengan Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno.

Dalam debat itu, Ma'ruf menyinggung soal "infrastruktur langit" melalui proyek Palapa Ring. Infrastuktur digital itu berperan dalam menumbuhkan banyak startup.

Telkomsel Berburu Startup

"Dan hingga sekarang tumbuh usaha-usaha seperti startup, bahkan juga startup yang dalam tempo lima tahun atau empat tahun kita telah mengembangkan seribu startup. Padahal di Iran untuk seribu startup itu memerlukan waktu sepuluh tahun. Karena itu untuk sampai tahun 2024, kami estimasikan kita bisa menumbuhkan tiga ribu lima ratus startup, sehingga membuka lapangan-lapangan kerja," kata Ma'ruf.

Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI), saat meluncurkan buku Mapping & Database Startup Indonesia 2018 pada 19 Desember lalu mengungkapkan bahwa jumlah perusahaan rintisan teknologi di Indonesia mencapai sedikitnya 992 startup.

Startup Lokal Bidik Pasar Inggris dengan Prinsip Syariah

Lebih dari setengah berada di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Setelah itu diikuti Sumatera, sebanyak 115 startup dan Jawa Timur 113.

Aset kripto seperti Bitcoin atau Etherium.

2024 jadi Tahun Krusial bagi Industri Kripto Indonesia

Tahun ini menjadi krusial bagi industri kripto, karena pada 2025, ada pengalihan dari Bappebti Kemendag ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024