Inilah Sejarah Tarian Kuda Lumping yang Jadi Budaya Indonesia
Kamis, 13 Februari 2020 | 05:08 WIB

Inilah Sejarah Tarian Kuda Lumping yang Jadi Budaya Indonesia

Masih menjadi pertunjukan yang cukup membuat para penonton terpikat.
kuda lumping
Photo :
  • U-Report

kuda lumping

VIVA – Menurut sejarah, seni kuda lumping itu lahir sebagai simbolisasi bahwa rakyat biasa juga memiliki kemampuan (kedigjayaan) dalam menghadapi musuh ataupun melawan kekuatan elite kerajaan yang memiliki bala tentara. Di samping sebagai media menghadirkan hiburan yang murah-meriah namun fenomenal kepada rakyat banyak.

Kuda lumping atau kuda kepang ialah tarian tradisional yang dimainkan secara ”tidak berpola” oleh kebanyakan rakyat kerajaan tempo dulu dan terus digemari masyarakat hingga sekarang, khususnya masyarakat di Jawa. Kini, kesenian kuda lumping masih menjadi pertunjukan yang cukup membuat para penontonnya terpikat.

Walaupun peninggalan budaya ini keberadaannya mulai bersaing ketat oleh masuknya budaya dan kesenian asing ke tanah air, tarian tersebut masih memperlihatkan daya tarik yang tinggi. Hingga saat ini, kita tidak tahu siapa atau kelompok masyarakat mana yang menciptakan tarian kuda lumping pertama kali. Faktanya, kesenian kuda lumping dijumpai di banyak daerah dan masing-masing mengakui kesenian ini sebagai salah satu budaya tradisional mereka.