Apa Hukum Merayakan Ulang Tahun dalam Islam? Ini Penjelasannya
Kamis, 13 Februari 2020 | 01:06 WIB

Apa Hukum Merayakan Ulang Tahun dalam Islam? Ini Penjelasannya

Merayakan hari ulang tahun tidak dilarang oleh agama.
kue ulang tahun
Photo :
  • U-Report

kue ulang tahun

VIVA – Perayaaan ulang tahun tentunya sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu keluarga kita sendiri yang mengadakannya, tetangga, sahabat, atau teman-teman kita. Perayaan ulang tahun tentunya salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat umur yang diberikan oleh Allah SWT. Atau bisa jadi pengingat diri bahwa umurnya sudah menginjak usia ini, dan waktunya harus berbuat sesuatu yang baik dan benar dalam hidup.

Nah, bagaimana pandangan Islam dalam merayakan ulang tahun? Menurut Darul Ifta’ Al-Misriyyah, lembaga fatwa Mesir disebutkan bahwa merayakan hari ulang tahun tidak dilarang oleh syara’ atau agama. Selama di dalamnya bertujuan untuk mensyukuri nikmat Allah SWT atas kelahirannya.

Dan tentu saja perayaan tersebut harus terhindar dari hal-hal yang diharamkan agama. Seperti adanya ikhtilat (bercampur dengan yang bukan mahramnya), terbukanya aurat, dan hal-hal yang tidak diperbolehkan lainnya. Adapun dasar diperbolehkannya merayakan hari ulang tahun adalah ayat dan hadis berikut ini.