Kalahkan Thailand, Indonesia Rebut Peringkat 3 Piala AFF U-19

Timnas Indonesia U-19.
Sumber :
  • VIVA/Rahmad Noto (01-7-18)

VIVA – Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Thailand dan menempati peringkat ketiga di Piala AFF U-19. Garuda Muda berhasil menempati peringkat tiga usai mengalahkan Thailand 2-1 di Stadion Gelora Sidoarjo, Sabtu 14 Juli 2018. 

Ranking FIFA April 2024, Timnas Indonesia Paling Meroket

Keberhasilan mengalahkan Thailand ini juga sekaligus sukses jadi ajang balas dendam. Sebab, Indonesia kalah di babak penyisihan grup dari Thailand 1-2. 

Peluang pertama Indonesia didapat oleh Witan Sulaeman pada menit keempat. Tendangan Witan masih bisa diselamatkan oleh kiper Thailand Nopphiors Lakhompton. 

Tragis, Nasib Thailand sama dengan Vietnam yang Dibantai Timnas Indonesia

Thailand juga mendapatkan peluang pada menit 22. Matee Saraksum sudah berhadapan dengan kiper Indonesia, Muhammad Aqil Savik, tapi tendangan pemain yang memakai nomor 9 itu masih lemah. 

Indonesia akhirnya bisa unggul pada menit 35. Adalah Feby Eka Putra yang membawa Indonesia unggul melalui tendangan keras dari dalam kotak penalti. 

Mantan Kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat Gabung Klub Filipina

Usai turun minum, Thailand langsung menggebrak pertahanan Indonesia. Adalah Matee yang kembali membuat ancaman bagi Indonesia. 

Kali ini Aqil Savik tampil cemerlang. Tendangan dari Matee berhasil ditepis oleh Aqil Savik. 

Witan Sulaemen kembali mendapatkan peluang pada menit 69. Dua kali peluang Witan digagalkan kiper Thailand Nopphiors Lakhompton, termasuk sundulan. 

Syahrial Abimanyu berhasil menggandakan keunggulan bagi Indonesia pada menit 81. Meneruskan umpan dari Egy Maulana Vikri, tendangan dari dalam kotak penalti Abimanyu tidak bisa dibendung kiper Thailand. 

Empat menit berselang akhirnya Thailand bisa membobol gawang Indonesia. Matee yang memiliki beberapa peluang kali ini bisa membobol gawang Aqil Savik dengan tendangan dari dalam kotak penalti. 

Egy Maulana Vikri memiliki peluang pada menit 90+3. Sayangnya kiper Thailand Nopphiors L masih terlalu tangguh bagi Egy Maulana. Skor 2-1 tidak berubah hingga laga usai. 

Susunan pemain:

Thailand U-19: Nopphiors Lakhompton; Kittachi Pranthi, Nattawut C, Sittichok P, Malee Sarakum, Suphanat Muaante, Sakumchai Saengthopho, Kritsana Daokrajai, Pithak Phaphirom, Thirapak Prueangna; Anuska Jaiphet

Indonesia U-19: Muhammad Aqil Savik; Kadek Raditya Maheswara, Nurhidayat H, Muhammad Luthfi Kamal, Witan Sulaeman, Muhammad Rafli Nursalim, Muhammad Rifad Marasabessy, Feby Eka Putra, Syahrian Abimanyu, Todd Rivaldo Ferre, David Kevin

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya