Timnas U-16 'Diceraikan' Usai Tiba di Indonesia

Timnas Indonesia U-16 di Piala AFC
Sumber :
  • twitter.com/PSSI

VIVA – Skuat Timnas Indonesia U-16 bakal dibubarkan usai tampil di Piala Asia 2018, Malaysia. Setelah tiba di Indonesia, anak-anak asuh Fakhri Husaini itu langsung dikembalikan ke klub masing-masing.

Seleksi Indonesia U-20 dan U-16 di Medan Diikuti 1.200 Peserta

Para pemain yang membela Timnas U-16 di Piala Asia, nantinya bakal kembali dipantau perkembangannya lewat kompetisi di kelompok umur. Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, menyatakan skema pemusatan latihan jangka panjang di Timnas Indonesia segala level sudah tak diberlakukan lagi.

Kompetisi kini jadi fokus utama PSSI dalam proses pengembangan pemain. Lewat kompetisi, diharapkan pengalaman para pemain bisa meningkat dan mental bertanding lebih terasah.

Nova Arianto Ungkap Pesan Shin Tae-yong, Sebut-sebut Pemain Titipan

"Sekarang, PSSI tak lagi menganut pemusatan latihan jangka panjang. Yang perlu dibina adalah pengalaman dalam kompetisi. Mental sangat penting dan akan terbangun dalam kompetisi yang makin baik," terang Tisha, Rabu 3 Oktober 2018.

Alumni Timnas U-16 nantinya bakal dipantau perkembangan performanya selama kompetisi. Pun, PSSI tak menutup kemungkinan memanggil nama baru, jika memang kualitasnya layak membela Timnas.

Seleksi Timnas Indonesia U-16 Selesai, Nova Arianto: Fisik Mereka Jauh dari Harapan

"Setelah ini, anak-anak akan kembali ke klubnya masing-masing dan akan kita petakan lagi (kompetisi U-16) lebih lanjut. Kita berharap setelah kembali ke klub masing-masing mereka bisa mendapat pengalaman dan jam terbang lebih banyak dalam berkompetisi," kata Tisha.

Kiprah Timnas U-16 selama gelaran Piala Asia memang cukup menyita perhatian. Permainan cerdik dan berani yang ditampilkan David Maulana cs membuat publik tertarik untuk menontonnya.

Terlebih, ketika mereka mampu mengalahkan Iran, yang sempat jadi juara Piala Asia, dengan skor 2-0. Sayangnya, kiprah mereka terhenti di perempatfinal oleh Australia sehingga gagal lolos ke semifinal sebagai syarat lolos ke Piala Dunia U-17 pada 2019. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya