Virus Mematikan Pemain Muda Indonesia: Pujian Lebay Media

Penyerang Timnas Indonesia U-16, Amiruddin Bagus Alfikri (tengah)
Sumber :
  • the-AFC.com

VIVA – Indonesia tak pernah kehilangan talenta muda berbakat. Banyak pesepakbola muda di Indonesia yang sebenarnya mampu bersaing dalam level tertinggi kawasan Asia hingga Eropa.

Seleksi Indonesia U-16, Pemain Langsung Tes Fisik

Buktinya sudah banyak. Dan, teranyar adalah Egy Maulana Vikri yang sedang menimba pengalaman di Lechia Gdansk.

Tapi, tak sedikit pula talenta muda Indonesia yang menghilang bak ditelan bumi. Biasanya, mereka kehilangan sentuhannya dan tak terpakai saat memasuki level profesional.

Seleksi Indonesia U-20 dan U-16 di Medan Diikuti 1.200 Peserta

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, punya pendapat terkait fenomena tersebut. Menjadi media darling, merupakan salah satu virus mematikan bagi pemain muda.

Banyak orang, hingga media, memberikan pujian setinggi langit, bahkan melebihi kemampuan pemain tersebut. Kita semua juga bisa melihat dan mendengar saat ada komentator di Tanah Air menyebut atau menyamakan pemain muda Indonesia dengan bintang-bintang Eropa.
 

Nova Arianto Ungkap Pesan Shin Tae-yong, Sebut-sebut Pemain Titipan

Pelatih timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini

Tak ada yang salah, namun patutnya perlu dipertimbangkan terkait dampak dari penyematan julukan itu kepada pemain muda yang dimaksud.

"Popularitas memang tak bisa dibendung. Saat mereka berprestasi, saya tak bisa melarang wartawan untuk memberitakan mereka. Apalagi, di medsos, warganet bisa melakukan apa saja. Orang bisa memuji apa saja saat kami menang. Tapi, orang bisa juga bereaksi berbeda saat kami tampil tidak sesuai dengan keinginan mereka," kata Fakhri, Rabu 3 Oktober 2018.

Pujian, sebenarnya diakui Fakhri, wajar diterima pemain muda jika tampil bagus. Hanya saja, Fakhri meminta sifatnya tak berlebihan.

"Indonesia sudah terlalu banyak kehilangan pemain muda ketika pujian yang diberikan media melebihi kemampuannya," ucap Fakhri. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya