Gagal Menang Lagi, Ada Apa Dengan Timnas U-22?

Timnas Indonesia U22 vs Malaysia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Timnas Indonesia U-22 harus puas bermain imbang 2-2 melawan Timnas Malaysia U-22 di lanjutan penyisihan Grup B Piala AFF U-22 2019, Rabu 20 Februari 2019. 

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bermain di The National Olympic Stadium, duel berlangsung sengit. Namun Garuda Muda baru bisa membuka keunggulan di menit ke-52 melalui gol Marinus Wanewar.

Harimau Malaya tidak tinggal diam, mereka membalas 10 menit berselang melalui gol cantik Nik Akif Syahiran Nik Mat. Dia memaksimalkan tendangan bebas. 

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Jual beli serangan terus terjadi, skuat asuhan Indra Sjafri tidak henti-hentinya melakukan tusukan. Hasilnya positif, gol kedua kemudian terjadi melalui kako Witan Sulaeman. 

Drama terjadi di menit akhir laga, Malaysia kembali memanfaatkan bola mati untuk mencetak gol. Tandukan Muhamad Hadi Fayyadh Abdul Razak membuat laga berakhir imbang 2-2. 

Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United

Hasil imbang 2-2 menghadapi Malaysia ini menjadi hasil mengecewakan lanjutan yang dipetik Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF U-22 2019.

Timnas Indonesia U22 vs Malaysia

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-22 juga hanya bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah, Timnas Myanmar U-22 di laga pertama, Senin lalu, 18 Februari 2019.

Dengan dua hasil buruk ini, Timnas Indonesia U-22 pun masih tertahan di posisi dua klasemen sementara Grup B Piala AFF U-22 dengan 2 poin dari 2 laga.

Timnas Indonesia U-22 terpaut satu poin dari Timnas Kamboja U-22 yang menguasai puncak klasemen sementara dengan torehan 3 poin dari 2 laga.

Timnas Indonesia U-22 pun harus meraih kemenangan di satu pertandingan sisa demi menjaga peluang lolos ke babak berikutnya Piala AFF U-22 2019.

Skuat besutan Indra Sjafri tersebut selanjutnya akan menghadapi Timnas Kamboja U-22 di laga terakhir Grup B pada 22 Februari 2019 mendatang.

Pembelaan Indra Sjafri

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri

Dua hasil imbang di Piala AFF U-22 ini memperpanjang torehan minor skuat asuhan Indra Sjafri. Sebelumnya mereka juga diimbangi tiga klub lokal di laga uji coba. 

Pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri menyebut jika ada permasalahan serius yang dimiliki skuatnya. Yaitu dalam hal mengantisipasi bola-bola mati. 

Seperti yang diketahui, dua gol yang diciptakan oleh Harimau Malaya dilakukan melalui bola mati. Yang pertama dengan skema tendangan bebas dan yang kedua melalui sepak pojok. 

Kelemahan ini pun bisa dimaksimalkan oleh Timnas Mayalsia U-22 yang kesulitan membongkar pertahanan Timnas Indonesia U-22 melalui permainan terbuka.
 
"Para pemain bisa unggul dua gol lebih dulu. Tapi kita tidak bisa mengantisipasi free kick dan corner, setelah open play mereka (Malaysia) terbentur," kata Indra dalam rilis PSSI yang diterima VIVA. 

Timnas Indonesia U22 vs Malaysia

"Memang dari dulu mereka (Malaysia) memanfaatkan itu (mencetak gol dalam situasi free kick dan corner)," lanjut Indra Sjafri.

Meski kembali meraih hasil imbang, Indra Sjafri menilai, permainan timnya lebih baik daripada saat mereka ditahan imbang Myanmar di laga pertama.

"Saya pikir pertandingan ini secara kualitas, lebih baik dari kemarin. Cuma ada satu pemain yang tidak bermain di bawah perform dan akhirnya saya menggantinya," kata Indra Sjafri. 

"Lalu ada satu pemain yang kita ganti karena cedera. Jadi otomatis saya hanya ganti satu berdasarkan kebutuhan taktik," tambah dia. 

Atas hasil imbang ini, peluang Indonesia untuk lolos ke babak selanjutnya sedikit tertutup. Di laga terakhir mereka akan menghadapi tuan rumah, Kamboja.

Timnas Indonesia U22 vs Malaysia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya