Kenapa Bukan Iwan Budianto yang Jadi Plt Ketum PSSI?

Iwan Budianto (kiri)
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Ada hal janggal dari penunjukan Gusti Randa sebagai Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI. Gusti mengaku ditugaskan langsung secara resmi oleh Joko Driyono.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Gusti mengatakan, Joko Driyono sengaja melepas jabatannya sebagai Plt Ketua Umum karena ingin fokus terhadap masalah hukum yang membelitnya. 

Diketahui, Joko Driyono ditetapkan sebagai tersangka kasus perusakan barang bukti yang diduga berkaitan dengan pengaturan skor.

Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan

Namun, jika melihat pada statuta PSSI, sejatinya jabatan Plt Ketua Umum PSSI jatuh kepada Wakil Ketua Umum yakni, Iwan Budianto. 

Akan tetapi, karena ini bersifat penunjukan langsung dari Joko Driyono, Gusti menilai tidak ada statuta yang dilanggar.

Timnas U-19 Terbang ke Korsel, Marselino Ferdinan Tergantung Persebaya

"Karena ini sifatnya penugasan, jadi itu kewenangan dari ketua umum (Joko Driyono). Nah, ketua umum sendiri saat ini dalam posisi non-aktif, sehingga itu diperbolehkan agar beliau punya banyak waktu untuk menyelesaikan perkara yang sedang dihadapi," kata Gusti Randa di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa 19 Maret 2019.

"Mungkin Pak Iwan sedang ada penugasan di bidang timnas. Tapi kalau atas nama ketum, di situ isinya yang menjalankan kegiatan PSSI sehari-hari itu saya. Jadi dua poin itu betul saja, karena saya lebih banyak tahu soal regulasi," tuturnya. 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sepakbola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi tak sportif yang mengindikasikan munculnya sepakbola gajah. Itu terjadi di Liga 3.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022