Bulan Depan, PSSI Akan Temui FIFA Bahas Rencana KLB

Anggota Exco PSSI, Gusti Randa (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum PSSI, Gusti Randa mengatakan pihaknya akan menemui FIFA untuk membahas rencana Kongres Luar Biasa (KLB) pada April 2019. Tujuannya agar otoritas tertinggi sepakbola dunia itu memberikan izin.

Penetapan Kongres Tahunan PSSI dan Rencana Wasit Jepang serta Inggris di Liga 1

"Mungkin April. Selain meminta izin, pertemuan ini untuk memastikan kalau KLB nanti diakui FIFA," kata Gusti, saat dikofirmasi wartawan.

Jika nanti sudah mendapat izin dari FIFA, Gusti mengatakan PSSI bakal membetuk Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan. Tapi dia belum bisa memastikan tanggal pastinya.

Pesan Edy Rahmayadi untuk Ketum PSSI Baru: Fokus, Jangan Kerjakan Tugas yang Lain

"Pembentukan Komite mungkin setelah Pemilu . Kira-kira tanggal 20-an Mei. Tapi tanggal masih belum pasti," tuturnya.

Terkait dengan pendaftaran calon Ketum, dikatakan Gusti prosesnya masih sangat panjang. Bukan tidak mungkin, KLB baru bisa digelar pada Agustus 2019 nanti.

LIB: Liga 2 Kembali Bergulir 24 Februari 2023, Tapi...

"Proses ini sangat panjang, sampai 8 pekan. Mustahil kalau sekarang daftar besok langsung lolos. Kemudian masuk tahapan kampanye, jadi mungkin Agustus bisa KLB," ujarnya.

PSSI dalam waktu tiga bulan ini sudah melakukan tiga pergantian pimpinan. Edy Rahmayadi mundur saat Kongres Tahunan di Bali, Januari 2019.

Jabatan Ketum kemudian diberikan kepada Joko Driyono dengan status Pelaksana Tugas (Plt). Karena masih terbelit masalah hukum, kemudian ditunjuklah Gusti sebagai Plh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya