Terungkap, Bima Sakti dan Fakhri Husaini Cuma Dikontrak Setahun

Pelatih Tim Nasional Indonesia, Fakhri Husaini (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Agus Setiawan

VIVA –  PSSI akhirnya buka suara mengenai kontrak untuk pelatih Tim Nasional U-16 dan U-19. Diketahui, dua posisi pelatih di Timnas tersebut adalah Bima Sakti di U-16 dan Fakhri Husaini di U-19.

Mantan Kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat Gabung Klub Filipina

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria menjelaskan, Bima Sakti dan Fakhri Husaini hanya diberikan kontrak hingga akhir 2019 mendatang. Dua eks pemain Timnas tersebut hanya ditugaskan PSSI sampai berakhirnya Kualifikasi Piala Asia U-16 dan U-19.

"Kontrak coach Bima dan coach Fakhri kami akan lihat setelah Piala AFF dan Kualifikasi Piala Asia," kata Tisha di Jakarta, Kamis 11 April 2019.

Seleksi Indonesia U-20 dan U-16 di Medan Diikuti 1.200 Peserta

Sementara itu, untuk persiapan dua Timnas junior tersebut, Tisha mengatakan, akhir bulan ini segera melakukan pemusatan latihan tahap awal. Untuk Timnas U-16, Bima Sakti akan mulai bersafari mencari pemain dari berbagai ajang.

"Persiapan Timnas U-16 akan dimulai dari kick off Elite Pro Academy U-16 pada April, sebelum puasa kami bisa memulai melakukan pencarian pemain dari kompetisi. Saat ini, coach Bima mencanangkan untuk on the road melalui Piala Soreatin U-15, hal ini dimaksudkan untuk provinsi yang tidak punya klub di Elite Pro Academy," terangnya.

Nova Arianto Ungkap Pesan Shin Tae-yong, Sebut-sebut Pemain Titipan

Sedangkan untuk Timnas U-19, kata Tisha, PSSI bakal mengirim Fakhri Husaini ke Birmingham, Inggris. Hal ini dilakukan agar mantan pemain PKT Bontang tersebut bisa melihat perkembangan skuat Garuda Select, yang mayoritas penggawanya adalah mantan anak asuhnya di Timnas U-16.

"Untuk U-19, akan ada seleksi pemusatan latihan pertama untuk anak-anak kelahiran 2001 yang telah bermain di Elite Pro Academy U-16 musim lalu. Seleksi pertama dilakukan tanggal 20-25 April 2019," ucap Tisha.

"Selanjutnya coach Fakhri akan berangkat ke Birmingham untuk lihat anak-anak Garuda Select yang merupakan hasil kompetis. Lalu, mereka dibawa ke Jakarta untuk pemusatan latihan yang akan diadakan di Sawangan," dia menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya