Cari Pemain, Pelatih Timnas Indonesia Bakal Pantau Pertandingan Liga 1

Sejumlah pesepak bola Timnas Indonesia berlatih menjelang laga lanjutan Piala AFF 2018 melawan Thailand, di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Timnas Indonesia akan menjalani dua laga uji coba pada Juni 2019. Yordania akan menjadi lawan pertama bagi skuat Garuda pada 11 Juni di Stadion International Amman. Setelah lawan Yordania, Indonesia akan menjalani uji coba kontra Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 15 Juni mendatang.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Yeyen Tumena mengatakan, akan memanggil 26 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan jelang dua laga uji coba tersebut. Adapun pemain yang dipanggil nantinya diambil dari penampilannya di klub. Oleh Karena itu, Yeyen mengungkapkan, tim kepelatihan Timnas Indonesia sedang menunggu bergulirnya Liga 1 2019.

Yeyen menjelaskan, tim kepelatihan bakal langsung menghadiri setiap pertandingan demi pertandingan di Liga 1, termasuk pelatih kepala Simon McMenemy. "Sebenarnya pelatih Timnas mana pun mencari pemain selalu memperhatikan pertandingan di Liga. Jadi Simon, saya dan pelatih lainnya akan keliling untuk melihat pemain. Makanya kami menunggu kapan Liga 1 bakal mulai," kata Yeyen kepada wartawan.

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

Soal komposisi pemain, Yeyen tak menutup kemungkinan bakal adanya pemain baru. Terkait penilaiannya, Yeyen mengungkapkan sang pemain harus bermain reguler bersama klubnya. "Karena kalau kita bicara Timnas  itu putra terbaik bangsa. Jadi dimana pun, siapa pun dia, kemudian berapa usinya tidak masalah. Yang paling penting dia bisa main reguler di klubnya," bebernya.

"Yang penting itu adalah jam terbang. Kalau di luar itu, pemain yang dipanggil Timnas untuk yang main 70 persen di klub. Jadi kalau tidak punya jam terbang, mohon maaf, tidak akan kami panggil," tegasnya.


 

Thom Haye

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Timnas Indonesia kini dihuni pemain-pemain yang berkarier di sepakbola Eropa. Mereka memiliki banderol yang lebih mahal ketimbang pemain yang berkarier di dalam negeri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024