PSSI Harus Taati Anjuran FIFA Soal Kongres

KLB PSSI 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.

VIVA – FIFA menolak rencana PSSI untuk memajukan Kongres Pemilihan pada November 2019. Pihak Mereka beralasan, percepatan Kongres Pemilihan PSSI tak didasari alasan yang jelas.

Pesan Edy Rahmayadi untuk Ketum PSSI Baru: Fokus, Jangan Kerjakan Tugas yang Lain

Lewat suratnya, kepada PSSI, Sekretaris Jenderal FIFA, Fatma Samoura, menegaskan PSSI tetap berada dalam jalur untuk menggelar Kongres Pemilihan pada Januari 2020.

"Kami sangat berharap PSSI tetap pada jalur yang ada dalam menggelar Kongres, pada Januari 2020. Kecuali, ada alasan memajukannya, yang tak tertulis dalam surat Anda," begitu isi surat FIFA.

LIB: Liga 2 Kembali Bergulir 24 Februari 2023, Tapi...

Anjuran FIFA ini bersifat baku. Jadi, PSSI tak bisa sembarangan untuk menggelar Kongres Pemilihan di November 2019 mendatang.

Sudah seharusnya, PSSI menuruti saran FIFA. Sebab, isi surat yang ditandatangani Fatma, sifatnya adalah keputusan, lantaran PSSI meminta saran dari FIFA terkait rencana memajukan Kongres Pemilihan.

Iwan Budianto Minta Namanya Dihapus dari Calon Waketum PSSI

Itu sudah sesuai dengan Statuta FIFA Pasal 13 terkait kewajiban anggota, ayat 1 aneksi d.

"Harus patuh pada statuta, regulasi, direksi, dan keputusan FIFA, sepanjang waktu keanggotaan," begitu bunyinya.

Dan, jika dilanggar, bisa saja sanksi dari FIFA jatuh. Semua sudah tertuang pada Pasal 13 ayat 2.

"Kami harus menggelar rapat terlebih dulu, tak tahu kapan, tapi secepatnya. Kami harus meninjau risikonya, jika tetap menggelar Kongres di November 2019," kata anggota Komite Eksekutif FIFA, Refrizal, kepada VIVAnews, Senin 12 Agustus 2019.

Refrizal menyatakan risiko yang dimaksud apakah ada sanksi, sesuai statuta FIFA, atau bukan.

"Jika nantinya PSSI disanksi, pemain dan pelatih yang susah. Program yang sudah kami susun, dan berjalan, bisa hancur. Secara pribadi, saya tak masalah kapan saja. Jangan sampai, sanksi turun lagi," ujar Refrizal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya