Terungkap, Pemain Timnas TC Pertama Bukan Pilihan Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • instagram.com/officialpssi/

VIVA – Timnas Indonesia telah menjalani Training Camp (TC) atau pemusatan latihan pertama di bawah asuhan manajer pelatih, Shin Tae-yong.

Mengganas di Piala Asia, Timnas Indonesia U-23 Jadi Perbincangan di Qatar

TC mulai digelar pada 15 Februari dan akan berakhir Minggu 23 Februari 2020. Sebanyak 34 pemain dipanggil untuk menjalani latihan yang fokus pada kondisi fisik.

Setelah sepekan digeber latihan fisik, para pemain melakoni laga uji coba melawan tim promosi Liga 1 2020 Persita Tangerang di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat 21 Februari 2020.

Pemain Korea Selatan Puji Timnas Indonesia U-23

Hasilnya mencengangkan, armada Merah Putih tak berdaya. Mereka takluk 1-4 dari tim besutan Widodo Cahyono Putro itu.

Akan tetapi, fakta baru terungkap. Ternyata, para pemain yang mengikuti pemusatan latihan itu hampir semunya bukan pilihan dari Shin Tae-yong.

PSSI Tempuh Jalur Tak Normal Supaya Nathan Tjoe-A-On Bela Timnas U-23 Indonesia di Perempat Final

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan itu mengaku, awalnya ia diberikan daftar nama yang berisikan 75 pemain oleh pelatih lokal, dalam hal ini asistennya Indra Sjafri dan Nova Arianto.

Daftar pemain itu ia terima saat memimpin TC Timnas U-19 di Thailand Januari 2020. "Para pemain ini sebenarnya bukan pilihan saya tapi asisten pelatih saya yang berasal dari Indonesia," ungkap Tae-yong.

"Pelatih lokal sudah memberikan data 75 pemain kepada saya. Setelah diskusi, kami memilih 34 pemain, Setelah itu sengaja kami menggelar uji coba untuk melihat kekurangan dan kelebihan pemain," sambung pelatih 50 tahun tersebut.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu menambahkan, dari 34 pemain yang mengikuti TC, hanya ada empat pemain yang memang benar-benar pilihannya.

Mereka adalah pemain jebolan dari skuat Timnas U-19 yakni Adi Satrio, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan Alif, dan Irfan Jauhari.

Shin Tae yong

Meski demikian, Tae-yong tak mau larut menyesali kekalahan timnya. Sebab, dalam TC kali ini ia belum memberikan latihan strategi dan taktik.

“Melalui TC ini, kami bisa banyak melihat kemampuan para pemain. TC ini sangat berguna untuk saya. Sekarang sudah terlihat jadi kami sudah tahu kelebihan dan kekurangan para pemain," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya