Corona Covid-19, Status Thailand vs Timnas Indonesia Segera Ditentukan

Indonesia vs Thailand Kualifikasi Piala Dunia 2022
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Timnas Indonesia bersiap melakoni pertandingan keenam Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuat Garuda melawat ke markas Thailand pada 26 Maret 2020 mendatang.

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Namun, ada kecemasan dari publik jelang pertandingan Timnas Indonesia tersebut. Karena saat ini sedang maraknya wabah virus corona alias covid-19, terutama di negara Asia.

(Baca juga: Teror Corona Covid-19, Bagaimana Nasib Timnas Indonesia?)

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Mengutip Bangkok Post, sejauh ini sudah ditemukan 43 kasus virus corona di Thailand. Dari jumlah tersebut, ada 31 orang yang bisa disembuhkan.

Meski penyembuhannya menyentuh angka 72 persen, Thailand tak lantas bersantai. Mereka mengeluarkan sejumlah kebijakan, salah satunya kompetisi sepakbola di sana digelar tanpa penonton. Ini bisa jadi berimbas terhadap pertandingan melawan Timnas Indonesia.

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) juga turut menyoroti masalah ini. Mereka bahkan langsung berkoordinasi dengan FIFA untuk mengambil kebijakan untuk ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022, Liga Champions Asia, dan Piala AFC 2020.

Pada 2 Maret 2020, AFC menggelar pertemuan dengan sejumlah federasi dari Asia Timur di Kuala Lumpur, Malaysia. Sebabnya, banyak tim nasional yang tidak dapat menggelar pertandingan kandang dan berpergian ke luar negeri.

Indonesia vs Thailand Kualifikasi Piala Dunia 2022

Dari sana kemudian disepakati ada penundaan pertandingan dan juga pemindahan lokasi. Salah satunya China yang meminta agar menggelar laga di tempat netral, yakni Chang Arena, Buriram, Thailand.

Untuk wilayah Asia Barat dan Asia Tenggara, AFC baru akan melakukan pertemuan pada Sabtu 7 Maret 2020. Di sana kemudian mereka akan mendengar masukan dari para anggota.

"Ini adalah masa-masa yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan juga penuh tantangan. Tapi, AFC bekerja tanpa lelah untuk memantau situasi, termasuk berbagai pembatasan berpergian di setiap negara," ujar Sekretaris Jenderal AFC, Dato Windsor John.

AFC mengambil langkah penundaan dan pemindahan lokasi pertandingan dengan alasan dasar, yakni kesehatan. Mereka tak ingin malah mengambil risiko dan berujung merugikan.

"Kami berterima kasih atas dukungan yang kami terima dari semua pemangku kepentingan, termasuk mitra dan agensi komersial. Kami berusaha melindungi keselamatan dan kesejahteraan semua pemain, staf, dan para penonton," tutur Windsor.

Baca juga

Main di Eropa, Bos Barito Putera Bakal Temui Orang Tua Bagus Kahfi

Duel Berujung Cedera Bagus Kahfi dan Gagalkan Kemenangan Garuda Select

Chelsea Bungkam Liverpool, Juergen Klopp: Kalah 0-2 Tidak Keren

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya