3 Laga Ditunda karena Virus Corona, Timnas Indonesia Dapat Berkah

Sesi latihan Timnas Indonesia
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Tiga laga Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia sudah resmi ditunda sebagai antisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19. Tapi, menurut Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, penundaan ini justru menguntungkan skuad Garuda.

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Sejatinya, Timnas Indonesia dijadwalkan berhadapan dengan Thailand (26/3), Uni Emirat Arab (31/8), dan Vietnam (4/6). Namun, ketiganya diundur menjadi Oktober atau November 2020.

Ternyata, tak semua penundaan berdampak negatif. Disebutkan pria yang akrab disapa Iwan Bule, situasi ini sedikit menguntungkan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Bukan tanpa alasan. Dengan penundaan ini, juru taktik asal Korea Selatan itu bisa lebih mengenal pemain Indonesia. Sehingga, dia bisa lebih matang mempersiapkan strateginya untuk mengarungi sisa pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

"Saya pikir jelaslah (menguntungkam Shin Tae-yong). Beliau akan melihat mana kira-kira pemain yang akan dia panggil," ujar Iwan Bule kepada wartawan saat ditemui di SUGBK, Jakarta, Jumat 6 Maret 2020.

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

"Alhamdulillah, di lain sisi ada penundaan tapi di sisi lain ada keuntungan waktu untuk Shin Tae-yong lebih fokus kepada pemain-pemain yang akan dipakai nanti di Timnas," lanjutnya.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu juga tak asal berbicara. Semua sudah dikomunikasikan sebelumnya dengan eks pelatih Timnas Korsel tersebut.

"Kemarin hampir 3 jam kami diskusi masalah itu termasuk perkembangan, taktikal, mental, fisik, termasuk kebiasaan pemain," kata Iwan Bule.

"Beliau optimistis tapi memang tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan dan beliau minta dukungan penuh dari PSSI," jelasnya.

Terlepas dari penundaan itu, Timnas Indonesia saat ini berada di dasar klasemen Grup G. Mirisnya, skuad Merah Putih belum mampu meraih satu poin pun. Sebab, dari lima laga yang telah dijalani mereka selalu menderita kekalahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya