Ancaman Wabah Corona, Piala AFF 2020 Tetap Digelar Sesuai Jadwal

Trofi Piala AFF
Sumber :
  • facebook.com/affsuzukicup

VIVA – Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) telah resmi mengumumkan bahwa agenda ajang turnamen Piala AFF 2020 akan tetap digelar sesuai jadwal yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini diumumkan AFF dalam situs resminya guna merespons tentang kondisi ancaman pandemi COVID-19 yang tengah mengguncang dunia.

Setelah sejumlah event olahraga akbar telah menyatakan penundaan jadwal, pentas Piala AFF 2020 hingga saat ini dikonfirmasi masih akan berlangsung sesuai jadwal yakni pada 23 November-31 Desember 2020 mendatang.

Selain Piala AFF, ada 4 turnamen lainnya yang tak mengalami perubahan jadwal yaitu Piala AFF Putri U-15 di Indonesia pada September, serta Piala Futsal AFF, Piala Futsal AFF Antarklub dan Sepakbola Pantai Piala AFF yang digelar di Thailand.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Baca juga: Peduli Corona, Pegolf Seksi Ajak Pria-pria 'Horny' Berdonasi

Meski demikian, masih akan ada turnamen AFF yang akhirnya tetap harus mengalami penundaan yaitu Piala AFFPutri di Filipina pada Mei, serta tiga kejuaraan yang dihelat di Indonesia; Piala AFF Putri U-18, Piala AFF U-16 dan Piala AFF U-19 yang semula direncanakan digelar Juni hingga Agustus.

6 Tim Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Gimana Peluang Timnas Indonesia?

Kendati penyebaran virus Corona menyebabkan sejumlah turnamen yang melibatkan tim nasional mengalami pengunduran, Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) memastikan hajatan Piala AFF pada November 2020 digelar sesuai jadwal.

Selain Piala AFF, empat turnamen lainnya yang tidak mengalami perubahan jadwal adalah Piala AFF Putri U-15 di Indonesia pada September, serta Piala Futsal AFF, Piala Futsal AFF Antarklub, dan Sepakbola Pantai Piala AFF yang digelar di Thailand.

Sedangkan turnamen yang mengalami penundaan adalah Piala AFF Wanita di Filipina pada Mei, serta tiga kejuaraan yang dihelat di Indonesia, yakni Piala AFF Putri U-18, Piala AFF U-16, dan Piala AFF U-19. Ketiga event tersebut awalnya direncanakan digelar Juni hingga Agustus.

“Ini adalah momen yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk seluruh dunia, termasuk keluarga dan komunitas sepakbola kami. Tapi kami akan melewatinya bersama. Namun, untuk melewati ini membutuhkan peran kita semua,” ungkap Presiden AFF, Mayjen Khiev Sameth.

“Karena risiko penularan penyakit di tempat berkumpulnya massa, seperti sepakbola akan sangat tinggi dan kami membuat keputusan untuk menunda. Jika diperlukan, membatalkan kompetisi demi meminimalisasikan kontak sosial dengan tujuan melindungi keselamatan dan kesehatan keluarga dan komunitas sepakbola kami,” jelasnya.

Sebelumnya, FIFA dan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah menunda pertandingan sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 hingga batas waktu belum ditentukan. Di Grup G, setidaknya ada empat negara yang juga akan berlaga di Piala AFF; Indonesia, Thailand, Vietnam dan Malaysia sehingga berpotensi adanya bentrokan jadwal.

Baca juga:

Wabah Corona, Bintang Dortmund Ajak Warga Dunia Ikut Meditasi

Legenda MU Tak Ingin Premier League Berlanjut Tanpa Penonton

Ini Alasan 'Social Distancing' Sulit Terjadi di Sepakbola

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya