Peraturan Pemerintah Sulitkan Shin Tae-yong Kembali ke Indonesia?
Kamis, 9 Juli 2020 | 03:00 WIB

Peraturan Pemerintah Sulitkan Shin Tae-yong Kembali ke Indonesia?

Shin Tae-yong saat ini masih berada di Korsel.
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Photo :
  • PSSI

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

VIVA – Memasuki pertengahan tahun 2020, manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, masih juga tak menunjukkan batang hidungnya. Hingga kini, pelatih asal Korea Selatan itu masih berada di negara asalnya.

Belum kembalinya Shin Tae-yong disinyalir karena adanya Peraturan Menteri (Permen) nomor 11 tahun 2020 tentang pelarangan sementara warga asing masuk ke wilayah Republik Indonesia. Aturan tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM per 31 Maret 2020 guna mencegah penyebaran virus corona COVID-19 di Indonesia dan masih berlaku hingga saat ini.

Namun, dijelaskan oleh anggota Komite Eksekutif PSSI, Yoyok Sukawi, peraturan tersebut bukanlah ganjalan yang membuat Shin Tae-yong belum kembali ke Indonesia. Sebab, eks juru taktik Timnas Korsel itu sudah memiliki KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas).

Itu membuat Shin Tae-yong sudah bebas keluar masuk Indonesia. Pasalnya, Permenkumham nomor 11 tahun 2020 mmberi pengecualian bagi orang asing yang sudah memiliki izin tinggal terbatas atau tetap.