Timnas Indonesia Mesti Waspadai 'Joker' Thailand

Pemain tim nasional Thailand, Sarawut Masuk
Sumber :
  • affsuzukicup.com

VIVA.co.id – Tim nasional Indonesia bakal berhadapan dengan Thailand di babak final Piala AFF 2016. Kedua tim memulai langkah di kejuaraan ini dengan status yang berbeda.

Tragis, Nasib Thailand sama dengan Vietnam yang Dibantai Timnas Indonesia

Thailand, merupakan juara bertahan Piala AFF edisi sebelumnya. Sedangkan Indonesia, sebagai tim kuda hitam. Sanksi FIFA selama setahun menghambat eksistensi Skuat Garuda di level intersional.

(Baca juga: Pemain Blasteran Thailand-Swiss Optimis Juara Piala AFF)

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

Di Piala AFF 2016 kali ini, kisah manis dicatatkan kedua tim. Thailand menjadi finalis yang di pertandingan sebelumnya selalu memetik kemenangan.

Skuat asuhan Kiatisuk Senamuang sejauh ini sudah 12 kali membobol gawang lawan, dan hanya mencatatkan lima kali kebobolan. 

Terpopuler: Timnas Indonesia Diadang Thailand-Vietnam, Eks Bintang Inter Milan Tersandung Narkoba

Sedangkan Indonesia, dari semula diragukan kini bisa mencapai final. Di pertandingan perdana Grup A, Boaz Solossa dan kawan-kawan, bahkan dipaksa menyerah 2-4 dari Thailand.

Di pertandingan final yang tersaji pada 14 dan 17 Desember 2016, kejutan bisa terjadi. Mengingat, di pertandingan semifinal, Indonesia mematahkan prediksi dengan mengalahkan Vietnam.

Bermain bertahan total di leg kedua semifinal, pertahanan Indonesia digempur habis-habisan oleh Vietnam. Beruntung, di masa perpanjangan waktu, skor 2-2 menjadi hasil akhir.

(Baca juga: Striker Thailand Mejeng di Instagram FIFA)

Skuat Garuda melangkah ke babak final dengan keunggulan agregat 4-3. Namun, untuk urusan memecahkan kebuntuan terhadap lawan yang bertaha, Thailand punya solusinya.

Pemain spesial pengganti mereka, Sarawut Masuk adalah bintang dalam permainan seperti itu. Melawan Singapura di fase Grup A, dia mencetak gol semata wayang di menit ke-89.

"Saya senang bisa bekerja dengan baik untuk tim. Dan, saya berharap, bisa menjadi salah satu opsi bagi tim nasional ini," ujar Sarawaut seperti dilansir Golden Thailand.

Sejauh ini, pemain yang dijuluki sebagai Joker oleh media massa Thailand itu sudah mencetak tiga tiga gol di Piala AFF 2016. Yang menarik, ketiganya dicetaknya dengan durasi bermain 217 menit. 

Pemain berusia 26 tahun itu menegaskan, masih menyimpan hasrat untuk menambah perbendaharaan golnya di pertandingan final nanti. "Saya masih selalu haus gol," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya