Pentolan Viking Dukung Dialog Damai dengan The Jakmania

Viking Persib saat jamu Ratu dan Raja Swedia di Pendopo Kota Bandung.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA.co.id – Pentolan kelompok suporter Persib Bandung, Viking, Yana Umar, menyambut baik ajakan suporter Persija Jakarta, The Jakmania, untuk menggelar pertemuan dan dialog. Nantinya, pertemuan tersebut membahas perdamaian antarkedua suporter. 

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Seperti yang diketahui, kedua kelompok suporter dengan basis masa terbesar ini kerap bentrok. Akibat bentrok kedua kelompok suporter itu, tak jarang banyak menimbulkan kerusakan fasilitas umum, dan bahkan korban jiwa.

Sudah banyak usaha yang dilakukan berbagai pihak untuk mendamaikan kedua kelompok suporter ini. Namun, bentrokan kerap terjadi pasca perjanjian damai yang sudah lalu. Menurut Yana, usaha damai ini harus dilakukan kedua pihak.

Nick Kuipers: Persib Bandung Harusnya Ungguli Persita 4-0 di Babak Pertama

Hanya saja, Yana meminta pertemuan tersebut digelar setelah laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta, 22 Juli 2017. Sebab, pihaknya harus menjalin koordinasi dengan distrik-distrik Viking. 

"Karena kami akan dialog dulu dengan pengurus lainnya, termasuk dengan seluruh distrik Viking," ucap Yana di Stadion Sidolig, Bandung, Selasa 13 Juni 2017. 

Kunci Persita Tangerang Imbangi Persib Bandung meski 2 Kali Tertinggal

"Dengan pengurus lain koordinasi pasti berjalan, tapi dengan distrik harus diagendakan dulu. Rencana setelah Lebaran kami akan berembuk soal keinginan ketum The Jakmania," ujar dia. 

Selanjutnya, Yana menyerahkan mekanisme beserta tempat pertemuan kepada The Jakmania. Pertemuan ini sebelumnya merupakan tindak lanjut atas surat yang dikirimkan oleh Ketua The Jakmania, Ferry Indra Syarif. Menurut pandangan Ferry, permusuhan kedua suporter sudah keluar dari batas kewajaran. Untuk itu, harus ada dialog damai. 

"Saya juga menunggu dulu komunikasi langsung dengan Ferry, dan jangan melalui media sosial," tuturnya.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya