Bahayanya Virus Salmonella yang Serang Ezra Walian

Penyerang Timnas Indonesia U-22, Ezra Walian
Sumber :
  • instagram.com/ezrawalian/

VIVA.co.id – Kabar buruk menimpa striker muda Ajax Amsterdam, Ezra Walian. Dia gagal merapat ke Timnas Indonesia U-22, lantaran terjangkit virus salmonella.

Kunci Persib Bandung Tundukkan Persebaya Surabaya

Virus ini terbilang berbahaya. Salmonella merupakan virus yang menyerang organ pencernaan dan menyebar melalui makanan.

Orang yang terjangkit virus salmonella, lazimnya akan mengalami penurunan kondisi tubuh dengan ditandai diare, keram perut, dan demam dalam waktu delapan sampai 72 jam setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi.

Barito Putera Punya Pertahanan Solid, Pemain Persib Bandung Ini Tak Gentar

Gejala lainnya adalah mual, sakit kepala, dan muntah-muntah. Salmonella juga bisa menyebabkan tifus.

Tapi, yang mengerikan, salmonella juga bisa menyebabkan kematian, khususnya pada bayi, balita, ibu hamil dan kandungannya, serta orang lanjut usia.

Berharap Timnas Indonesia Curi Poin dari Jepang

"Salmonella sangat berbahaya. Bakteri ini bisa menjadi penyakit berbahaya di bagian tubuh yang dihinggapi. Untuk tifus, namanya salmonella thipy. Bakteri ini bisa juga terbawa darah sampai ke otak. Dan, ini yang menyebabkan meningitis," terang dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi, kepada VIVA.co.id, Selasa 4 Juli 2017.

Syarif menjelaskan, Ezra tak terjangkit salmonella thypi, melainkan arthritis reactive. Yang satu ini, masih diungkapkan Syarif, menyerang sistem persendian.

"Ezra sampai demam tinggi saat datang ke Indonesia. Kami berikan antibiotik kepadanya yang dosisnya tinggi, mencapai 2000 miligram," kata Syarif.

Saat ini, kondisi Ezra mulai membaik. Ezra sudah melakoni berbagai terapi.

"Namanya sensitive therapy. Terapi ini bisa membuat salmonella mati. Dengan proses ini, Ezra mungkin bisa cepat pulih, sekitar satu atau dua bulan ke depan," ujar Syarif.

Ezra kemungkinan terjangkit virus salmonella melalui makanan yang dikonsumsinya dari Belanda. Jadi, bagi Anda yang tak mau terjangkit virus ini, pastikan sudah mencuci tangan dan makanan Anda dimasak dengan baik serta bersih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya