Nasib Timnas Futsal di SEA Games Kembali Tak Pasti

Timnas Futsal Indonesia
Sumber :

VIVA.co.id – Keberangkatan Timnas Futsal Indonesia ke SEA Games 2017 di Malaysia belum pasti. Salah satu penyebabnya adalah persoalan hak siar.

Ngeri, Timnas Indonesia Bantai Macau 12-0 di Kualifikasi Piala Asia Futsal

Sebelumnya memang ada kabar jika timnas futsal mundur. Pelatih Victor Hermans sempat menyatakan anak-anak asuhnya tidak akan berangkat ke SEA Games. Namun, PSSI tetap ingin mengikutsertakan di ajang dua tahunan tersebut.

Tapi belakangan kembali ada masalah. Itu berkaitan dengan hak siar pertandingan.

Dukung Peningkatan Prestasi Futsal, Beasiswa Bakal Dibagikan ke Pemain Muda Berbakat

Selama ini, pertandingan futsal selalu disiarkan oleh stasiun televisi swasta milik Presiden Federasi Futsal Indonesia (FFI), Harry Tanoesoedibjo. Sementara itu, hak siar SEA Games dipegang oleh staisun televisi swasta lain.

"Futsal itu prinsipnya pemerintah tidak menghalangi. Tapi, teknis di lapangan harus ada koordinasi antara FFI dan PSSI," kata Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto, di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta.

Masa Depan Timnas Futsal Indonesia Menjanjikan

"Akan tetapi, futsal kemungkinan tidak jadi berangkat karena masalah hak siar. Tapi, PSSI masih akan berusaha menyelesaikannya, sepertinya mereka masih optimis," tutur Gatot.

Sementara itu, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria mengatakan, ia telah berkirim surat kepada FFI untuk segera melakukan persiapan SEA Games. Tisha menambahkan, untuk dana PSSI tidak ada masalah.

"Kami telah meminta FFI untuk memulai persiapan SEA Games. Karena ini kasus khusus, maka PSSI akan turun tangan. Kami telah berdiskusi dan sedang berjalan," kata Tisha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya