Terancam Absen 6 Bulan, Mental Kiper Timnas U-19 Teruji

Muhammad Riyandi (paling kanan) dan kiper Timnas -19 lainnya.
Sumber :
  • PSSI.org

VIVA.co.id – Kiper tim nasional Indonesia U-19, Muhammad Riyandi terancam absen selama enam bulan ke depan. Penyebabnya adalah cedera anterior cruciate ligament (ACL) yang didapat, ketika berhadapan melawan Vietnam dalam laga lanjuta Piala AFF U-18, Senin 11 September 2017.

Mantan Kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat Gabung Klub Filipina

Riyandi ditarik keluar oleh pelatih Indra Sjafri, usai melakukan penyelamatan gemilang di babak pertama. Dan, setelah menjalani pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI) di Rumah Sakit Shwe Gon Dine, Yangon, diketahuilah cedera yang didapatkannya.

(Baca juga: 6 Fakta Menarik Jelang Timnas U-19 Vs Brunei)

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

"Sesuai hasil MRI di RS Shwe Gon Dine, Muhammad Riyandi mengalami cedera Complete ACL Tear (Right) plus Tear Meniscus (Right)," kata dokter Timnas U-19, Ifran, dikutip dari laman resmi PSSI.

"Cedera Riyandi didapat, karena salah tumpuan, saat jatuh di laga Indonesia vs Vietnam. Kami perkirakan, butuh waktu enam bulan untuk masa penyembuhan Riyandi," tambahnya.

Respons PSSI Usai Dokter Gadungan Timnas Indonesia dan Klub Liga 1 Ditangkap

Meskipun dipastikan tidak bisa lagi meneruskan perjuangan bersama Timnas U-19 di sisa pertandingan Piala AFF U-18 kali ini. Mental kiper berusia 17 tahun tersebut sama sekali tak terpengaruh.

(Baca juga: Timnas U-19 Bakal Tampil Habis-habisan Lawan Brunei)

"Memang Riyandi sempat sedih, tetapi dia sudah seperti biasa lagi. Kami di sini, semua memberikan motivasi, serta dorongan semangat, agar dia cepat sembuh. Situasi mentalnya sudah stabil sekarang," ujar Irfan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya