Masalah Juara Piala Dunia Sama dengan Timnas Indonesia

Kunjungan Legenda Dortmund Karl Heinz Riedle di Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Selama ini, Timnas Indonesia tak pernah kekurangan talenta muda yang memiliki prospek cerah. Tapi, kebanyakan dari mereka justru tenggelam sebelum bisa tampil di pentas yang lebih tinggi.

Ditambah Atletico Madrid, 22 Klub Ini Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Buktinya sudah banyak. Syamsir Alam dan Maldini Pali menjadi contoh pemain yang melempem sebelum bisa promosi ke Timnas senior.

Padahal, saat bermain di level Timnas junior, keduanya punya kemampuan yang menjanjikan.

Hasil Liga Champions: Comeback PSG dan Borussia Dortmund, Barcelona dan Atletico Madrid Nangis Darah

Masalah ini ternyata tak hanya dialami oleh Indonesia. Mantan pemain Timnas Jerman dan Borussia Dortmund, Karl-Heinz Riedle, mengungkapkan sebenarnya persoalan ini juga sering dialami oleh Der Panser.

Bedanya, Jerman selalu bisa menangani persoalan ini. Mereka memiliki trik untuk menjaga perkembangan beberapa pemain muda agar bisa menjadi tulang punggung di level Timnas senior.

Serie A dan Bundesliga Berpeluang Kirim 5 Wakil ke Liga Champions Musim Depan

"Kami punya masalah yang sama di Jerman. Sebenarnya, negara lain juga serupa. Banyak pemain muda yang punya talenta hebat. Tapi, ketika masuk di level senior semua berbeda. Hanya sedikit yang bisa mencapai puncak karier," kata Riedle, saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa 10 Oktober 2017.

Riedle menyatakan fase krusial bagi pesepakbola adalah pada usia 16 tahun. "Anda hanya perlu bekerja keras untuk jadi pilihan pertama. Jadi, terkait hal ini, kalian perlu mengatasinya," terang Riedle. (hd)

Pemain PSG Kylian Mbappe rayakan gol

Senangnya Kylian Mbappe Bawa PSG ke Semifinal Liga Champions

 Bintang PSG Kylian Mbappe mengaku sangat senang setelah membawa timnya menang 4-1 (agregat 6-4) atas Barcelona pada leg kedua perempat final Liga Champions (UCL) .

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024