Suporter Berulah di SEA Games 2017, PSSI Didenda AFC

Striker Timnas U-22, Ezra Walian bersama suporter di SEA Games 2017.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Sigid Kurniawan

VIVA – Federasi Sepakbola Asia (AFC) menjatuhkan hukuman kepada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Sebabnya adalah perilaku suporter saat mendukung tim nasional Indonesia melawan Kamboja di SEA Games 2017 lalu.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Dalam keputusan sidang Komite Disiplin AFC yang dilansir laman resmi pada Selasa 31 Oktober 2017, suporter Indonesia kedapatan melempar botol minuman ke dalam lapangan. Dan ada sebagian yang sengaja menerobos dari tribun.

Dengan begitu, suporter Timnas Indonesia dianggap telah melakukan pelanggaran terhadap pasal 65 Kode Etik dan Disiplin AFC. Mereka mengharuskan PSSI membayar dengan sebesar Rp217 juta.

Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan

AFC pun memberi peringatan kepada PSSI. Andai pelanggaran seperti itu terulang, hukuman lebih berat akan diberikan oleh mereka.

PSSI diberi waktu selama 30 hari ke depan untuk melakukan banding. Sanksi yang diterima bisa berkurang atau tidak bergantung dengan pembelaan yang diberikan.

Timnas U-19 Terbang ke Korsel, Marselino Ferdinan Tergantung Persebaya

Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) juga dijatuhi denda karena perilaku suporter di SEA Games 2017 lalu. Ketika itu mereka berhadapan dengan Timnas Indonesia.

Menurut keterangan pegawasan pertandingan kepada AFC, menit 87 terdengar suara ledakan petasan yang menggangu. Akan tetapi, denda yang dijatuhi kepada FAM jauh lebih kecil, yakni sebesar Rp101 juta.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sepakbola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi tak sportif yang mengindikasikan munculnya sepakbola gajah. Itu terjadi di Liga 3.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022