4 Negara Eropa Incar Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Trofi Piala Dunia
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA – Gengsi besar menjadi tuan rumah penyelanggara ajang Piala Dunia sepakbola, tetap jadi incaran sejumlah negara. Iming-iming berbagai keuntungan yang bisa didapat dari status tuan rumah Piala Dunia pun, terasa masih sangat menggiurkan.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Hal ini pula, yang kini tengah diusung empat negara Eropa, yaknii Yunani, Rumania, Serbia, dan Belgia. Kuartet negara tersebut tengah serius pencalonan sebagai bakal dihelat pada tahun 2030 mendatang.

Usulan pertama negara-negara dari bagian Timur Eropa sebagai calon tuan rumah muncul dari Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras.

Estafet Obor Olimpiade Paris 2024 Dimulai! Dinyalakan dari Tempat Kelahiran di Yunani

Dilansir FOX Sports News, Alexis Tsipras ingin Yunani bersama Rumania, Serbia, dan Bulgaria menjadi tuan rumah bersama. Usulan tersebut pun ditanggapi positif Perdana Menteri Bulgaria, Boyko Borissov.

“Seperti Bulgaria dan Italia, yang menjadi penyelenggara bersama Kejuaraan Dunia Bola Voli September lalu, Serbia, Yunani, Rumania, dan Bulgaria, juga bisa maju untuk tuan rumah bersama Piala Dunia 2030,” ungkap Borrisov.

Geser Lionel Messi, Pemain Timnas Indonesia Ini Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia

Sejumlah negara Eropa, memang ingin maju dalam pencalonan. Sebelumnya, Inggris menyatakan sedang menjajaki untuk bergabung dengan Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales sebagai calon tuan rumah.

Penyelenggaraan Piala Dunia yang berlangsung tak hanya di satu negara, sudah pernah terjadi sebelumnya pada 2002 lalu, saat Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah.

Hal yang sama kembali akan dapat diwujudkan pada Piala Dunia 2026, di mana tiga negara, yakni Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko bakal jadi tuan rumah. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya