Patahkan Dominasi Messi-Ronaldo, Modric Raih Ballon d'Or 2018

Gelandang Real Madrid, Luka Modric, meraih Ballon d'Or
Sumber :
  • Twitter/@realmadrid

VIVA – Gelandang Real Madrid dan Timnas Kroasia, Luka Modric, berhasil memboyong trofi Ballon d'Or 2018. Dia mengakhiri dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo selama 10 tahun terakhir.

Kata Guardiola Usai Manchester City Disingkirkan Real Madrid

Dalam acara penghargaan yang digelar di Paris, Prancis, Selasa 4 Desember 2018, Modric mengalahkan Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Ronaldo yang masuk empat besar. Ini jadi raihan Ballon d'Or pertamanya selama meniti karier sebagai pesepakbola.

Trofi ini sekaligus melengkapi raihan sebelumnya yaitu Pemain Terbaik Dunia FIFA 2018. Dia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2018.

Drama Adu Penalti, Ini 5 Fakta Real Madrid Pulangkan Manchester City di Liga Champions

Jika dirunut ke belakang, Modric memang menjadi kandidat terkuat untuk meraih trofi bergengsi ini. Dia membawa El Real juara Liga Champions untuk kali ketiga secara beruntun dan juga membawa Kroasia untuk kali pertama lolos ke final Piala Dunia meski akhirnya gagal juara setelah dikalahkan Prancis.

Sayangnya, Modric tak bisa mendapat ucapan selamat secara langsung dari Ronaldo dan Messi. Keduanya tak hadir pada malam penghargaan tahun ini.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs Real Madrid di Liga Champions

Selain penyerahan trofi Ballon d'Or untuk kategori pria, France Football selaku penyelenggara juga menyerahkan dua trofi lainnya yang baru pertama kali diperkenalkan. Trofi itu adalah Ballon d'Or kategori wanita yang diraih penyerang Olympique Lyon, Ada Hegerberg. Dia terpilih atas prestasinya membawa Lyon juara Liga Champions dan Ligue 1 di musim 2018.

Satu trofi lainnya adalah trofi Kopa yang diperuntukkan pemain berprestasi di U-21. Trofi ini diraih oleh penyerang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe.

Duel Inter Milan vs Salzburg

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Klub Austria, RB Salzburg menjadi tim Eropa ke-12 dalam Piala Dunia Antarklub 2025 setelah Arsenal kalah dari Bayern Munich pada babak perempat final Liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024