Vietnam Susul Thailand Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia

Pemain Timnas Vietnam, Ngoc Hai Que (kanan), melakukan selebrasi
Sumber :
  • Twitter/@afcasiancup

VIVA – Vietnam menyusul Thailand lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2019. Tim berjuluk Golden Dragons melaju lewat jalur peringkat ketiga terbaik.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Dalam Piala Asia ini, selain juara serta runner-up grup, empat tim peringkat ketiga terbaik juga dipilih untuk melengkapi babak 16 besar.

Dari Asia Tenggara, sebelumnya Thailand dan Australia sudah memastikan diri lolos. Tim negeri gajah putih menjadi runner-up di Grup A. Sedangkan Socceroos juga berada di posisi kedua Grup B.

Terakhir adalah Vietnam yang harus deg-degan untuk bisa lolos. Mereka harus menunggu sampai seluruh laga di fase grup ini tuntas sebelum menentukan nasibnya.

Beruntung akhirnya mereka bisa melanjutkan kiprah. Vietnam lolos bersama Kyrgistan, Oman dan Bahrain.

Timnas Indonesia Selangkah Lagi Lolos ke Piala Asia 2027

Ada di Grup D, Vietnam mengumpulkan tiga poin dengan selisih gol -1. Total mereka mencetak 4 gol dan 5 kemasukan. Catatan tersebut sebenarnya identik dengan milik Lebanon yang di pertandingan pamungkas menjungkalkan Korea Utara 4-1.

Untuk menentukan siapa yang lolos, akhirnya diputuskan lewat fair play. Vietnam unggul karena hanya mengantongi lima kartu kuning, sedangkan Lebanon enam.

Di laga berikutnya Vietnam akan bersua Yordania. Sementara Thailand menghadapi China, sedangkan Australia bertemu Uzbekistan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya