5 Pemain Mahal yang Sia-sia, Salah Satunya Berdarah Indonesia

Gelandang Inter Milan, Radja Nainggolan.
Sumber :
  • twitter.com/Inter_en

VIVA – Mendatangkan pemain dengan kualitas teknik dan bakat yang luar biasa tentu menjadi keinginan klub mana pun. Apalagi jika pemain tersebut sangat berkontribusi dan membawa klub bisa meraih banyak gelar.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Namun apa jadinya jika klub sudah membayar mahal demi pemain hebat tapi mereka kurang memberikan kontribusi bagi timnya. Setidaknya hal itu pernah dialami oleh sejumlah klub besar. 

Pada musim 2018/2019 ini, Inter Milan, Liverpool, Barcelona, Real Madrid dan Manchester United, mengalami hal tersebut.

Barcelona Cegah Xavi Pergi

Mereka telah mengeluarkan uang ratusan miliar rupiah demi mendatangkan pemain dengan bakat yang mumpuni, namun mereka dinilai gagal. 

Berikut daftar lima pemain mahal yang dinilai gagal, dikutip dari Foxsport:

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

- Radja Nainggolan (AS Roma ke Inter Milan nilai transfer €38 juta atau sekitar Rp608 miliar). 

Untuk mendapatkan servis pemain berdarah Indonesia ini, Inter mengeluarkan uang sebesar €24 juta (sekitar Rp384 miliar). Tidak hanya uang, Inter memberikan dua pemainnya, Davide Santon dan Nicolo Zaniolo yang seharga €14 juta (sekitar Rp244 miliar). Saat ini, Nainggolan lebih banyak berkutat dengan cedera.

- Malcom ( Bordeaux ke Barcelona nilai transfer €41 juta sekitar Rp654 miliar). 

Sejauh ini Malcom baru bermain 15 kali bagi Barcelona. Malcom kalah bersaing dengan Ousmane Dembele yang lebih cocok dengan sistem yang digunakan oleh pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. 

- Fred (Shakhtar Donetsk ke Manchester United nilai trasnfer £52 juta sekitar Rp957 miliar). 

Sejak tiba di Old Trafford, pemain internasional Brasil ini baru mencetak 1 gol dari 19 penampilan. Di MU, Fred harus bersaing dengan Paul Pogba, Nemanja Matic dan Ander Herrera. 

- Thibaut Courtois (Chelsea ke Real Madrid nilai transfer £35 juta sekitar Rp 654 miliar).

Kedatangan kiper internasional Belgia ini ke Santiago Bernabeu sebenarnya cukup sia-sia. Sebab, Madrid masih memiliki kiper Keylor Navas. Sejauh ini, Courtois sudah kebobolan 30 gol dari 24 penampilan, termasuk 5 gol saat melakoni pertandingan debut El Clasico.     

- Naby Keita (RB Leipzig ke Liverpool nilai transfer £52,75 juta sekitar Rp985 miliar). 

Demi mendapatkan Keita, The Reds harus membayar rilis klausul sebesar £48 juta (sekitar Rp859 miliar), ditambah dengan biaya lainnya sebesar £4,75 juta (sekitar Rp74 miliar). Penggemar Liverpool memiliki ekspektasi yang besar untuk Keita, karena permainan impresif di Leipzig. Namun, pemain berusia 24 tahun ini belum mencetak gol dalam 25 laga bersama Liverpool di semua kompetisi membuatnya dinilai gagal. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya