Undian Kualifikasi Piala Dunia 2022, Siapa Lawan Timnas Indonesia?

Para pemain Timnas Indonesia rayakan gol.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/pras

VIVA – Tim Nasional Indonesia segera mengetahui lawan yang akan dihadapi pada babak II Kualifikasi Piala Dunia 2022. Undian untuk pembagian grup bakal dilakukan di Kantor Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu sore WIB, 17 Juli 2019.

Timnas Indonesia U-23 Hajar Australia, Marselino Ferdinan Ucapkan Hal Ini ke Ernando

Pertandingan kualifikasi akan berlangsung mulai 5 September 2019 hingga 9 Juni 2020. Sebelum undian, Timnas Indonesia menempati pot 5 bersama Singapura, Nepal, Kamboja, Bangladesh, Mongolia, Guam, dan Sri Lanka.

Kedelapan tim tersebut akan bergabung dengan 32 tim lainnya yang terbagi ke dalam pot 1 hingga 4. Nantinya, 40 tim yang lolos ke babak II Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan dibagi ke dalam 8 grup yang masing-masing diisi lima tim.

Kata Ernando Ari Usai Timnas Indonesia U-23 Pecundangi Australia

Delapan juara grup dan empat runner up terbaik dari fase tersebut akan lolos ke putaran final Piala Asia 2023 di China sekaligus lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sementara itu, empat runner up terbawah, dan peringkat ketiga dari masing-masing grup di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan terlempar ke putaran III Kualifikasi Piala Asia 2023, bersama empat peringkat keempat terbaik.

Ernando Ari Gagalkan Penalti, Timnas Indonesia U-23 Sukses Bekuk Australia

Sedangkan empat peringkat keempat terbawah harus melakoni babak playoff bersama dengan delapan negara peringkat kelima untuk memperebutkan empat tiket ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Nantinya, 12 tim terbaik di putaran III akan bergabung dengan 12 tim yang sebelumnya lolos lewat jalur juara dan runner up grup Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sehingga, ada 24 tim yang akan berpartisipasi dalam putaran final Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia berpotensi untuk bertemu dengan lawan-lawan tangguh seperti Iran, Jepang, Korea Selatan, Qatar, Australia, dan China di babak II Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tim-tim yang disebut di atas menempati pot 1 alias unggulan di undian Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Selain tim-tim tersebut, Indonesia juga bakal berjumpa salah satu tim dari pot 2 seperti Vietnam, Irak, Uzbekistan, Suriah, Oman, Lebanon, Kyrgyzstan, dan Yordania.

Berikut daftar negara peserta undian Kualifikasi Piala Dunia 2022:

Pot 1: Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan China.

Pot 2: Irak, Uzbekistan, Suriah, Oman, Lebanon, Kyrgyzstan, Vietnam, dan Yordania.

Pot 3: Palestina, India, Bahrain, Thailand, Tajikistan, Korea Utara, Taiwan, dan Filipina.

Pot 4: Turkmenistan, Myanmar, Hong Kong, Yaman, Afganistan, Maladewa, Kuwait, dan Malaysia.

Pot 5: Indonesia, Singapura, Kamboja, Nepal, Kamboja, Bangladesh, Mongolia, Guam, Sri Lanka.
(one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya